Dalam mempromosikan suatu produk, menarasikan sebuah cerita, menambahkan suara pada presentasi kita memang bisa menggunakan suara kita sendiri. Akan tetapi mungkin akan sangat repot apabila kita harus merekam, melakukan editing sebelum menambahkannya pada media tersebut. Oleh karena itulah ada tool pengubah teks menjadi suara yakni voicemaker.in.

Keunggulan Voicemaker.in

Sebelum mulai untuk menggunakannya, ada beberapa alasan mengapa Anda bisa memilih voicemaker.in ini. Berikut beberapa alasannya.

1. Tool ini berbasis cloud sehingga Anda tidak perlu menginstal apapun. Anda hanya perlu menggunakan browser atau peramban untuk menggunakannya. Toolnya juga sangat ringan sehingga Anda tidak perlu menggunakan jaringan yang cepat.

2. Bisa digunakan di berbagai perangkat yang dapat terhubung ke internet. Anda juga bisa menggunakan smartphone Anda untuk mengubah teks menjadi suara. Hanya saja untuk pengaturan lebih lanjut, Anda mungkin membutuhkan perangkat dengan layar yang lebih besar seperti PC atau juga laptop.

3. Memiliki Versi Gratisan. Anda bisa menggunakan tool voicemaker.in tanpa membayar atau menggunakan versi gratisannya saja. Beberapa tool mengharuskan penggunanya membayar terlebih dahulu sehingga tidak bisa dirasakan hasilnya sebelum membeli lisensinya.

Pilih Sound Of Text Anak Kecil Di Voice Maker
Pilih Sound Of Text Anak Kecil Di Voice Maker

4. Memiliki banyak fitur baik untuk pemula maupun untuk ahli sekalipun. Voicemaker.in memiliki fitur yang berlimpah yang mana bisa dimanfaatkan oleh mereka yang sudah ahli dalam urusan pengubah teks menjadi suara seperti mengatur pitch, kecepatan suara, hingga jenis suaranya mulai dari neural TTS, standard TTS hingga karakter suara anak kecil berlabel ‘child‘. Namun bukan berarti untuk pemula tidak dapat menggunakannya.

Tanpa pengaturan lebih lanjut, para pemula yang baru menggunakan tool pengubah teks menjadi suara masih dapat menghasilkan suara yang baik dan juga bahkan alami.

5. Memiliki banyak pilihan suara yang disesuaikan dengan pilihan bahasanya. Hal ini membuat suara yang dihasilkan lebih alami karena diucapkan oleh mereka yang merupakan penutur aslinya. Sebagai kelebihan lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi adalah tersedia bahasa Indonesia yang mana memiliki 5 jenis suara.

kegunaan multifungsi aplikasi voicemaker
kegunaan multifungsi aplikasi voicemaker

Artikel terkait: https://civitas.uns.ac.id/angginiaelsa/sound-of-text/

Cara Menggunakan Voicemaker.in

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan juga fitur yang tersedia di Voicemaker.in, selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah bagaimana cara menggunakannya. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pertama, buka perangkat Anda yang terhubung ke internet. Anda bisa menggunakan smartphone, tablet, laptop maupun PC. Selanjutnya buka peramban kemudian kunjungi voicemaker.in

2. Selanjutnya, isi kolom teks yang tersedia dengan teks yang akan diubah ke bentuk suara. 

3. Lalu, anda bisa mengatur lebih lanjut mengenai suaranya mulai dari Pauses, Emphasis, Speed, Pitch, Volume hingga bagaimana cara pengucapannya. Apabila Anda belum terlalu mahir dalam menggunakan fitur ini, Anda bisa melewatinya.

4. Kemudian, beri centang pada bagian bawa kolom teks pada Neural TTS yang mana akan menghasilkan suara yang lebih alami.

5. Langkah berikutnya, Pilih bahasa yang Anda gunakan dalam teks. Sebagai saran, jangan gunakan bahasa yang berbeda dengan teks yang Anda isikan. Apabila berbeda maka hasilnya akan tidak alami.

6. Setelah memilih bahasa yang digunakan, akan ada pilihan pengucap dengan berdasarkan nama dan juga jenis kelamin. Pilih mana yang sesuai dengan keinginan dan kecocokan pada konten Anda.

Pilih karakter suara di situs voice maker
Pilih karakter suara di situs voice maker

7. klik Convert to Speech kemudian dengarkan tunggu dan dengarkan hasilnya. Apabila sudah sesuai, maka Anda bisa mengklik download MP3 dan mengunduh hasilnya.

8. selesai

Cara diatas merupakan cara yang paling sederhana dalam mengubah teks menjadi suara melalui tool ini. Ada segudang pengaturan yang bisa Anda gunakan. Mulai dari pengaturan audionya, tinggi rendahnya suara hingga kecepatan bicaranya. Namun Anda bisa melewatinya sambal belajar apa fungsi dari tool tersebut.

Batasan Penggunaan Voicemaker.in

Hanya saja karena menggunakannya secara gratisan maka ada keterbatasan dalam penggunaannya. Seperti contohnya untuk Bahasa Indonesia tidak dapat kita gunakan secara gratis. Untuk versi gratisannya kita hanya bisa menggunakan bahasa Inggris saja. Namun ini bisa menjadi pertimbangan apakah Anda ingin membeli lisensinya. Jika kamu ingin menggunakan fitur voice maker lebih banyak, kamu juga bisa menggunakan akun versi gratis dari tutorial berikut ini: https://karinov.co.id/voicemaker-text-to-speech-indonesia/.

Untuk versi gratisannya, Anda dibatasi sampai 250 karakter saja sekali pengubahan teks. Selain itu Anda masih bisa menggunakannya untuk kepentingan komersial pula. Sedangkan untuk versi berbayarnya masih terbagi tiga yakni basic, premium dan juga business mulai dari 5 hingga 20 dollar biayanya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Referensi utama: Stiead.ac.id

Tagged in:

,