Sebagian orang tidak mengetahui cara mengatur APN pada perangkat smartphone, baik Android maupun iPhone. Faktanya, APN memegang peranan penting untuk kelancaran akses internet. Jika Anda pengguna Telkomsel, ada baiknya untuk memperbaharui pengaturan APN di awal tahun ini.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara setting APN untuk Telkomsel, tidak ada salahnya jika Anda mengenal apa itu APN, fungsi, serta alasan mengapa pengaturan yang tepat bisa meningkatkan kecepatan akses internet pada jaringan 3G atau 4G.

Pengertian APN

Access Point Name (APN) adalah protokol yang sangat penting dalam koneksi internet, baik pada jaringan GPRS, 3G, maupun 4G. Sebagai penyambung perangkat ke jaringan internet, APN terdiri dari dua bagian, yaitu Network Identifier dan Operator Identifier.

Lihat pula: Daftar Perusahaan Outsorcing Indonesia

Network identifier bersifat wajib dan berfungsi untuk mendefinisikan jaringan eksternal di mana GGSN terhubung. Sedangkan operator identifier bersifat opsional karena berfungsi untuk mendefinisikan jaringan spesifik. Dengan APN, operator dapat memeriksa penentuan jenis koneksi yang harus dibuat.

Setiap APN mengandung informasi yang sangat penting yang meliputi profil, username, password, proxy, autentikasi, dan lain sebagainya. Dengan informasi tersebut, pihak operator dapat memberikan akses internet untuk smartphone Anda.

Sebagian besar smartphone Android dan iPhone telah dibekali dengan pengaturan APN otomatis. Dengan kata lain Anda tidak perlu melakukan pengaturan APN secara manual layaknya ponsel keluaran lama.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh mengubah pengaturan APN. Mengubah APN sesuai dengan settingan terbaru bisa menjadi solusi untuk menambah kecepatan jaringan internet pada ponsel Anda. Pastikan settingan tersebut sesuai dengan penyedia layanan.

Fungsi APN

Secara umum, APN berfungsi untuk menghubungkan perangkat ponsel dengan operator seluler penyedia jaringan internet. APN tersebut akan memberikan akses internet sesuai dengan provider yang digunakan.

Fungsi lain dari APN antara lain:

  • Registrasi perangkat ponsel atau komputer ke jaringan internet.
  • Mendapatkan alamat IP publik.
  • Membuat koneksi internet semakin cepat dan stabil.
  • Meningkatkan kelancaran akses internet berkat ping koneksi yang semakin kecil.

Menggunakan APN sesuai dengan penyedia layanan dapat meningkatkan kecepatan internet. Meskipun banyak mitos yang mengatakan bahwa APN dari negara lain dapat menambah kecepatan, hal ini tidak sepenuhnya benar. Hal ini justru dapat menimbulkan berbagai resiko, terutama keamanan.

Bagi para pengguna Telkomsel, pengaturan APN default adalah Telkomsel GPRS untuk profil name, Telkomsel untuk mengisi kolom APN, wap untuk username, dan wap123 untuk password.

Cara Setting APN Telkomsel untuk HP Android

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi APN, kini saatnya untuk mempelajari cara mengatur APN untuk provider Telkomsel. Pada dasarnya mengatur Nama Jalur Akses tergolong sangat mudah. Bahkan jika Anda tidak ahli dalam bidang teknologi, Anda tetap bisa melakukannya tanpa kesulitan.

Berikut ini cara mudah yang bisa dilakukan untuk setting APN pada ponsel Android:

  • Buka menu Setelan atau Settings pada ponsel Android.
  • Pilih Jaringan Seluler.
  • Buka kartu Telkomsel yang sedang Anda gunakan.
  • Ketuk pilihan Nama Titik Akses atau Access Point Names
  • Buka APN Telkomsel.
  • Lakukan pengaturan sesuai kebutuhan.

Anda mempunyai dua pilihan, yaitu mengubah APN lama atau membuat APN baru. Untuk mengubah APN lama, Anda hanya perlu mengganti nama APN tanpa mengubah pilihan lain. Namun jika Anda ingin membuat APN baru, pastikan untuk mengisi nama, APN, proxy, username, dan password.

Saran kami, sebaiknya Anda biarkan nama APN dengan isian default (bawaan dari Telkomesl), karena apabila Anda ubah, ada kemungkinan bukan menjadi lebih cepat melainkan lebih lambat dari yang seharusnya.

Cara Setting APN Telkomsel untuk HP iPhone

Pengguna iPhone juga dapat memperbaharui settingan APN Telkomsel terbaru untuk meningkatkan kecepatan akses internet. Seperti halnya mengatur APN untuk Android, langkah-langkah yang perlu dilakukan cukup mudah.

Ikuti petunjuk berikut ini untuk mengubah APN Telkomsel di HP iPhone:

  • Buka menu Telepon pada ponsel iPhone Anda.
  • Ketuk menu Setting, kemudian pilih menu Cellular.
  • Pilih Cellular Data Option.
  • Selanjutnya, ketuk pilihan Cellular Data Network.
  • Atur APN sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah mengatur APN, Anda dapat menguji kecepatan internet. Jika koneksi menjadi lebih stabil dan cepat, itu berarti pengaturan yang Anda berhasil.

APN memegang peranan penting untuk meningkatkan kecepatan dan kelancaran jaringan internet. Bagi para pengguna Telkomsel, pastikan untuk melakukan pengaturan APN terbaru agar koneksi internet Anda berjalan dengan stabil dan lancar. Selamat mencoba!

Tagged in:

,