Sound of text adalah sebuah teknologi dimana sebuah tulisan diubah menjadi suara lalu dibaca oleh robot. Teknologi ini pertama kali dipakai oleh Google Translate. Saat memasukkan tulisan, mesin akan otomatis membaca tulisan yang kita masukkan.

Dulu, hanya ada 1 jenis suara saja yang dipakai. Yaitu suara khas robot Google wanita atau pria, yang memiliki pelafalan kaku, tidak ekspresif dan tidak alami sama sekali. Namun makin ke sini, teknologi sound of text semakin dibuat canggih. Kita bisa memilih beberapa jenis suara, dari mulai suara wanita alami, pria alami, anak kecil, kartun, hingga tokoh terkenal di dunia.

Selain kecanggihan itu, sekarang teknologi sound of text juga bisa membaca otomatis kata-kata yang muncul di layar HP.

Lihat pula: Sound of Text Mirip Doraemon

Tentang Teknologi Shouter Notification

Mengkolaborasikan teknologi sound of text dan nada dering aplikasi, lahirlah shouter notification, yaitu sebuah program/teknologi yang bisa membaca notifikasi masuk lalu menyiarkannya dalam bentuk nada dering.

Teknologi ini bisa kita temukan dalam aplikasi bernama Notification Reader: Shouter. Dia adalah sebuah aplikasi pembaca notifikasi yang bekerja seperti asisten virtual kita. Fitur yang paling banyak dipakai dari aplikasi ini adalah, fitur menyebut nama pengirim pesan atau panggilan dari aplikasi WA.

Jadi nantinya, kita tak perlu mengintip siapa gerangan orang yang mengirimi kita pesan. Karena secara otomatis, kita diberitahu sendiri oleh shouter notifikasi ini.

Cara Kerja Aplikasi Shouter Notification Reader

Cara kerjanya mirip dengan sound of text. Masukkan tulisan, lalu tulisan tersebut dibaca oleh sistem. Hanya saja, kali ini dilakukan secara otomatis.

Setiap ada pesan masuk, aplikasi Shouter membaca notif yang muncul serta nama pengirim sesuai dengan nama yang Anda pasang di kontak. Aplikasi Shouter ini juga bisa dipakai untuk membaca teks dari pesan, jadi cara kerjanya memang sepenuhnya mirip dengan sound of text–ubah tulisan yang muncul di layar, menjadi suara.

Fitur yang Ada di Aplikasi Shouter Notification Reader

Apa saja yang ada hubungannya dengan sound of text di WA, maka aplikasi ini akan ada untuk melayani kita. Berikut ini adalah beberapa fiturnya:

  1. Membaca atau menyiarkan notifikasi dari berbagai jenis aplikasi dalam bentuk suara
  2. Bisa memberikan kita notifikasi game
  3. Membaca nama pengirim pesan/panggilan
  4. Bisa digunakan untuk mengumumkan level baterai saat sedang pengisian daya
  5. Mengumumkan panggilan masuk, menyebut nama si pemanggil dan menyebut panggilan yang tidak terjawab
  6. Membaca pesan teks
  7. Pengingat suara
  8. Menyiarkan lokasi terdekat

Aplikasi ini sangat cocok dipakai saat kita sedang sibuk mengemudi, sedang main game, bersepeda atau kondisi yang menyulitkan kita mengecek HP. Dengan Notification Shouter, kita tetap bisa up to date dengan berbagai notif yang muncul di HP meskipun saat itu kita tidak menggenggam perangkat tersebut.

Cara Menggunakan Aplikasi Shouter Notification Reader

Nama aplikasi ini adalah Notification Reader: Shouter. Tersedia di PlayStore, sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali, memiliki ukuran kecil tak lebih dari 1,5 MB dan gratis digunakan.

Download aplikasi itu di link ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bhkapps.shouter

Setelah selesai Anda unduh, berikut adalah cara menggunakan aplikasi:

Setting Shouter Notification Untuk Ringtone Wa
Setting Shouter Notification Untuk Ringtone Wa
  1. Buka aplikasi. Klik ‘Yes‘ jika muncul permintaan izin akses notifikasi
  2. Masuk ke ‘Pengaturan Akses Notifikasi‘. Kemudian klik ‘Enable‘ untuk mengaktifkan
  3. Selanjutnya, kita harus memilih aplikasi mana saja yang ingin penyiaran notifikasi dari aplikasi Shouter
  4. Klik centang pada aplikasi pilihan. Contohnya, dengan klik centang pada WhatsApp
  5. Dengan begini, kita sudah selesai mengatur agar setiap ada pesan atau panggilan masuk, akan muncul notifikasi yang menyebutkan nama pengirim

Supaya hasil suara makin menarik, kita dapat mengatur gaya suara dan bahasanya. Pebgaturan ini ada di menu ‘App Notification‘. Atur bagian ‘Customize your notification message’ untuk mengatur gaya bicara dan bahasa yang ingin Anda gunakan.