Sudah 2 tahun pandemi melanda yang disebabkan oleh merebaknya penyakit yang disebabkan oleh salah virus yang sangat berbahaya. Wabah panyakit ini awalnya berjangkit di Wuhan salah satu propinsi di Cina. Oleh para ahli virus ini disebut virus covid-19 atau ada juga yang menyebutnya virus corona. Ini akan menjadi sejarah bagi dunia dan generasi mendatang bahwa pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 dunia dihebohkan dengan hadirnya wabah virus corona. 

Cara Daftar Vaksin Online Lewat Website
Cara Daftar Vaksin Online Lewat Website

Pemerintah seluruh dunia dan juga para ahli berusaha untuk menghambat bahkan memusnahkan siklus dari virus ini. Namun hingga saat ini virus covid 19 masih belum bisa dihentikan perkembangannya. Vaksinasi merupakan salah satu cara yang telah terbukti efektif dalam menghentikan menyebaran virus. Hal ini telah dibuktikan terhadap virus yang lainnya seperti virus polio, cacar dan virus HIV. Demikian juga terhadap virus covid-19. Vaksinasi merupakan solusi yang paling efektif untuk menghentikan penyebaran virus covid-19.  

Pemerintah melalui menteri kesehatan membuat kebijakan untuk memberikan vaksin kepada masyarakat Indonesia secara gratis dengan tujuan untuk segera bisa keluar dari pandemi covid-19. Ekonomi Indonesia yang terpuruk akibat pandemi pada akhir tahun 2019 hingga sekarang harus segera dihentikan sehingga masyarakat dapat beraktifitas sebagaimana mestinya. Pemerintah juga membuka layanan vaksinasi online melalui situs www.pedulilindungi.id.

Lihat juga: Cara Cek Vaksin 1 dan 2 di PeduliLindungi

Bagi masyarakat umum yang ingin mengikuti program ini bisa mendaftar mandiri secara online. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi bagi warga yang belum terdata dalam program vaksinasi yang difasilitasi oleh pemerintah.   Dengan  mengkuti vaksinasi ini warga bisa memilih tanggal maupun lokasi penyuntikan  menurut  keinginannya. Namun begitu anda tidak dibenarkan untuk  memilih jenis vaksin yang akan disuntikkan.

3 Situs Untuk Daftar Vaksin

Masyarakat umum yang belum memahami teknis dalam melakukan vaksinasi secara online dapat melihat situs yang menyediakan informasi tentang vaksinasi online yang dapat dengan mudah anda temukan di internet. Adapun cara mendaftar vaksin secara online beserta langkah-langkahnya adalah :

Melalui Website Pedulilindungi.id

Daftar Vaksin Covid Di Pedulilindungi
Daftar Vaksin Covid Di Pedulilindungi
  1. Buka laman https://pedulilindungi.id
  2. Pilih menu “mendaftar/login” yang berada pada bagian sudut kanan atas
  3. Pilih menu “Buat akun Pedulilindungi
  4. Lakukan registrasi akun cara memasukkan nama lengkap sesuai KTP, serta alamat dan juga alamat email yang masih aktif
  5. Centang “syarat penggunaan dan kebijakan privasi
  6. Klik daftar
  7. Centang “Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi

Selanjutnya sistem akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan terkait data-data pribadi anda lainnya. Disini anda harus menjawab semua pertanyaan sebagai bentuk persetuan dari saudara bahwa bersedia melakukan vaksinasi sesuai dengan kebijakan dari pemerintah.

Melalui Website Loket.com

  1. Buka laman resmi https://vaksin.loket.com
  2. Pilih lokasi yang ingin anda pilih sebagai lokasi vaksin
  3. Disarankan anda untuk memilih lokasi yang terdekat dengan rumah.
  4. Mulailah mengisi  data secara lengkap sesuai identitas diri
  5. Jika pendaftarannya berhasil  maka anda akan mendapatkan  formulir  serta juga mendapatkan bingkisan (voucher)  pada email yang telah ada sebelumnya.
  6. Anda tidak usah kecewa apabila sudah mendaftar vaksin online dan sudah menetapkan tanggal penyuntikan tetapi di lapangan hal ini dapat terjadi diluar harapan anda.
Daftar Vaksin Online Di Loket Com
Daftar Vaksin Online Di Loket Com

Melalui Website CNN

Cara selanjutnya yang harus anda lakukan agar dapat mendaftar secara online vaksin covid19 adalah  dengan menggunakan situs resmi  yang menyediakan layanan pendaftaran vaksin online.  Adapun salah satu situs yang dapat anda akses dan telah terbukti memberikan pelayanan vaksin adalah CNN, jika anda ingin mendaftar langsung saja lakukan pendaftaran pada situs www.cnnindonesia.com.

Demikian beberapa cara dari Transparansi.or.id yang perlu anda lakukan untuk dapat melakukan pendaftaran secara online vaksin bagi warga masyarakat yang belum suntik. Sebagai warga negara yang baik kita harus mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah. Terkait vaksin pemerintah bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan dengan penyebaran vaksin ini.   Ekonomi Indonesia harus bangkit kembali untuk itu masyarakat harus benar-benar telah mengikuti vaksin. Ekonomi bangkit, Indonesia bangkit dan pandemi ini segera berlalu. 

Vaksinasi yang dilakukan saat ini sebagai upaya yang paling kuat untuk menjadi  perlindungan diri di tengah penyebaran virus corona yang masih mewabah. Bagi mereka yang telah disuntik akan mempunyai daya imun tubuh yang lebih baik sehingga tidak mudah terkena serangan penyakit akibat virus corona ini.  

Tagged in:

,