Flash News

Seputar Daftar Kehadiran Guru Online (DHGTK)

Brought to you by: Ruangguru.co.id Daftar Kehadiran Guru Online mulai diterapkan pada tahun ajaran ini. Dalam pelaksanaannya guru bisa...

Written by Editorial · 1 min read >
seputar daftar hadir guru online

Brought to you by: Ruangguru.co.id

Daftar Kehadiran Guru Online mulai diterapkan pada tahun ajaran ini. Dalam pelaksanaannya guru bisa dikatakan sebagai salah satu parameter kesuksesan sebuah negara dalam mendidik rakyatnya. Dengan adanya guru yang baik maka akan berjalan secara linier perkembangan dari murid-muridnya. Maka dari itu posisi guru di sini menjadi titik yang paling krusial bagi perkembangan sebuah negara.

Di Indonesia guru di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memiliki lingkup mulai dari SD, SMP, SMA/SMK, dan Sekolah Luar Biasa. Pada beberapa daerah pun mewajibkan putra putri daerahnya wajib belajar du belas tahun. Hal itu berarti putra putri pada daerah tersebut wajib menempuh Pendidikan mulai SD sampai dengan SMA / SMK dengan total studi selama 12 tahun.

Mulai tahun ajaran 2018/2019 Kemendikbud menerapkan sistem kehadiran guru sebagai salah satu beban kerja. Secara keseluruhan guru wajib minimal memiliki 37,5 jam kerja dalam satu minggu. Sesuai dengan  Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Melihat pentingnya posisi guru maka Kemendikbud berusaha membuat sistem pencairan tunjangan untuk guru menjadi sesimpel mungkin dan secepat mungkin demi kesejahteraan guru. Dengan sejahterahnya guru maka diharapkan akan menambah performa guru dalam mengajar bibit-bibit muda Indonesia.

Melihat hal tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50 Tahun 2017 maka pihak pemerintah daerah wajib menyalurkan Tunjangan Profesi (TP) guru PNSD paling lambat dalam 7 hari kerja. Hal itu berlaku dan bisa dilakukan apabila Daftar Kehadiran Guru Online sudah selesai input.

Pengertian dan Sistem dari Daftar Kehadiran Guru Online

Daftar Kehadiran Guru Online atau yang dikenal dengan Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) diterbitkan untuk membantu pencairan dana tunjangan profesi untuk guru yang memenuhi syarat salah satunya data kehadiran. Untuk pengisian DHGTK bisa dilakukan secara online  pada situs http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id. Hal tersebut diharapkan bisa mempercepat proses pencairan dana tunjangn profesi lebih cepat daripada harus cek ricek berkas satu per satu.

Sedangkan untuk penyaluran dana tunjangan profesi bisa dipantau melalui aplikasi berbasis android yang bernama SIM-Bar. Pemantauan bisa dilakukan oleh pihak-pihak yang mempunyai kepentingan akan hal tersebut atau bisa dikatakan para pemangku kepentingan Pendidikan. Aplikasi SIM-Bar tersebut dalam waktu dekat akan segera diluncurkan oleh Kemendikbud.

Tetapi untuk saat ini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) hanya menyediakan aplikasi untuk entri data. Aplikasi entri data yang dimaksudkan hanya bisa dilakukan untuk mengisi data absensi kehadiran guru pada sekolah – sekolah pada aplikasi GTK.

Proses entri data atau pencatatan Daftar Kehadiran Guru Online dilakukan oleh sekolah yang sudah terhubung dengan koneksi internet secara langsung. Entri data atau proses pencatatan data kehadiran guru online bisa dilakukan dengan beberapa metode seperti harian, mingguan, ataupun bulanan sesuai dengan kepentingan dari masing – masing sekolah.

Sedangkan untuk proses pengisian atau entri data kehadiran guru online, pihak sekolah bisa menggunakan dua user yang bisa digunakan untuk akses dalam sistem entri kehadiran yaitu:

  • Login dengan userid kepala sekolah
  • Login dengan userid operator dapodik

Untuk perubahan data user id ataupun password yang digunakan dalam mengakses data kehadiran guru online bisa dilakukan melalui aplikasi dapodik pada sekolah masing-masing. Data perubahan tersebut akan langsung diperbarui setelah dua hari pada sistem DHGTK.