HP Terbaru

Review Lengkap Realme U1

Unbox.id – Menjelang tutup tahun 2018, terlihat beberapa vendor smartphone mencoba mengakhiri tahun dengan menghadirkan produk unggulan terbarunya di...

Written by Editorial · 3 min read >
review lengkap realme u1

Unbox.id – Menjelang tutup tahun 2018, terlihat beberapa vendor smartphone mencoba mengakhiri tahun dengan menghadirkan produk unggulan terbarunya di Indonesia. Salah satunya adalah Realme dengan Realme U1 yang hadir pada Senin, (10/12) lalu.

Berbeda dengan Realme 2 Pro yang luncur duluan, Realme U1 memiliki keunggulan khas yang disebut “SelfiePro”. Iya, terdengar dari namanya, kita sudah dapat menduga jika smartphone ini memiliki keunggulan dari sisi kamera, terutama kamera selfie. Lihat saja, Realme U1 dibekali kamera depan dengan resolusi 25 MP yang dapat membuat hasil foto selfie menjadi lebih baik.

Walaupun memiliki keunggulan utama di pengambilan swafoto, tentu bukan itu saja kehebatan dari Realme U1. Penasaran bagaimana rasa smartphone mid end secara keseluruhan? Simak review Realme U1 lebih dalam di bawah.

Layar

review lengkap realme u1
Layar realme u1

Layar minim bezel masih jadi pilihan menarik di Realme U1 yang kali ini menggunakan konsep dewdrop sebagai ruang tinggal kamera depan, speaker dan sensor proximity. Untuk ukurannya sendiri, dalam body yang kecil, Realme mampu menempatkan bentangan layar berukuran 6,3 inci, lapang tapi tetap nyaman digenggam.

Layar Realme U1 memiliki rasio screen to body sebesar 90,8 persen dan rasio layar 19.5 : 9 untuk memberikan sudut pandang ekstra lebar. Untuk urusan resolusi layar Realme U1 berukuran 2.340 x 1.080 pixel dengan kepadaran layar 409 PPI yang dapat menampilkan gambar yang sangat jelas. Guna melindungi layar indahnya, lapisan kaca Gorilla Glass 3 2.5D juga terpasang di muka.

Realme U1 juga memiliki bingkai layar tipis, hanya 2.05mm di bagian atas yang dioptimalisasi untuk menanamkan berbagai sensor, 1.7mm bezel kiri dan kanannya serta bezel di bagian bawah hanya memiliki lebar 5.2mm.

Desain

Realme U1 memiliki dimensi panjang 157mm, lebar 74mm dan tebal 8mm, tidak terlalu besar jika dibandingkan ukuran layar yang dibawanya. Bobot smartphone ini juga cukup di 168 gram, tak terlalu ringan dan memberi rasa mantap ketika digenggam. Frame tipis dengan desain membulat dan warna senada cover belakang membuatnya tampil elegan dan tak kaku.

Gaya desain berani ditampilkan di bagian belakang dengan efek pillar light yang unik. Dalam pencahayaan yang pas, bagian belakang Realme U1 akan berkilap memberikan tampilan mewah khas smartphone premium.

Sebagai informasi, panel belakang Realme U1 dibuat menggunakan panel 13 lapis setingkat mikron yang telah diproses dalam suhu tertentu dengan lapisan halus untuk memberikan daya tahan luar biasa. Smartphone ini sendiri tersedia dalam tiga warna, yakni Ambitious Black, Brave Blue and Fiery Gold.

Performa

Sebagai sebuah smartphone kelas menengah, Realme U1 membawa berbagai komponen premium di dalamnya. Untuk diketahui, Realme U1 adalah ponsel pertama di dunia yang menggunakan chipset MediaTek Helio P70. Chipset dengan teknologi fabrikasi 12 nm itu membawa berbagai keunggulan untuk efisiensi kinerja smartphone.

MediaTek Helio P70 meningkatkan AI Engine yang memberikan APU multi-core 525 MHz, sehingga dapat mendukung aplikasi AI yang lebih kompleks seperti pengenalan pose manusia dan pengkodean video yang cepat.

Helio P70 juga sangat cocok bagi pengguna yang menginginkan smartphone yang mendukung aktivitas gaming. Sebab, kemampuan untuk meningkatkan frame rate dan latensi membuat game berjalan lebih baik. Saat digunakan untuk bermain PlayerUnknown’s Battlegrounds tidak ada lag berarti.

Realme U1 tersedia dalam dua varian memori, yakni 3 GB + 32 GB dan 4 GB + 64 GB, untuk memberikan kapasitas storage yang lebih luas. Kombinasi memori tersebut memberikan aktivitas multitasking tanpa lag sehingga memberikan kenyamanan pengguna.

Di sistem operasinya, Realme U1 menggunakan Color OS 5.2 AI System yang berbasis Android 8.1 yang menawarkan beragam fungsi, seperti easy screenchoot, clone phone, clone apps, smart play, custom timer, dan screen recording.

Untuk sektor keamanan, Realme U1 memberikan pembaruan safety patch secara berkala. Pada keadaan darurat, sistem operasi pada ponsel akan mengunduh patch secara otomatis. Fitur facial unlock yang tersemat juga mampu mengindentifikasi 128 titik wajah melalui kamera dengan presisi tinggi.

Baterai

Realme U1 dibekali oleh baterai berukuran 3.500 mAh yang sudah didukung oleh CorePilot 4.0 yang menjamin konsumsi daya yang lebih terkontrol. Realme U1 dapat bertahan sepanjang hari berkat adanya task scheduling system yang dapat mengatur penghematan daya dengan mengurangi aktivitas yang tidak penting.

Saat dilakukan pengujian baterai, Realme U1 dapat bertahan sepanjang hari untuk penggunaan sewajarnya. Selama sehari, kami menguji daya baterai dengan membuka game, browsing, dan membuka aplikasi lainnya.

Pengisian daya pada baterai juga didukung oleh charger dengan arus 5V 2A yang memastikan kecepatan di atas rata-rata.

Kamera

Sektor kamera bisa dibilang menjadi kekuatan tak terbantahkan dari Realme U1. Dari mulai kamera depan hingga belakang membawa berbagai fitur yang dapat meningkatkan kualitas foto dalam segala kondisi.

Mari mulai dengan kamera depannya yang terbilang superior. Kamera depannya menggunakan sensor Sony IMX 576 yang memiliki resolusi 25 MP. Kamera depan tersebut juga menggunakan 4-in-1 pixel synthesis technology yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas foto di kondisi rendah cahaya.

Saat dicoba, hasil kamera depannya bisa kami bilang natural. Saat digunakan di kondisi cahaya yang cukup, objek foto tampak jelas terlihat tanpa noise yang berarti. Hasil foto yang sempurna disebabkan oleh kehadiran teknologi AI yang efisien dan aperture f/2.0.

Sementara untuk kamera belakangnya, Realme U1 menggunakan konfigurasi ganda 13 MP + 2 MP yang efektif. Kamera sekunder di Realme U1 berfungsi untuk mengukur jarak spasial dalam mode potrait sehingga memberikan kedalaman ruang sehingga dapat menampilkan efek bokeh.

Saat pengujian kamera belakang, AI scene recogntion secara cerdas dapat mengenali 16 scene foto. Alhasil, pengguna tidak perlu repot lagi dalam mengatur setting foto.

Kesimpulan

Sebagai smartphone mid-end yang fokus pada kemampuan mengambil gambar terutama swafoto, performa Realme U1 cukup bisa diandalkan. Membuka file multimedia, menjalankan aplikasi berat, game berkualitas, apalagi aplikasi sehari-hari seperti bertukar pesan, galeri dan lainnya, semua terasa ringan.

Hasil foto selalu memuaskan di setiap situasi, terutama dengan bantuan kecerdasan buatan, membuat Realme U1 jadi pilihan smartphone paket lengkap bagi konsumen yang mencari smartphone stylish, performa handal, kamera mantap dan tentu dengan harga yang bersaing.