Sebagai alat untuk mencetak dokumen, memilih printer yang tepat sangat penting dilakukan. Oleh karena itu, Anda bisa menentukan jenis printer yang sesuai dengan kebutuhan di kantor maupun rumah. Memahami perbedaan printer laserjet dan inkjet penting dilakukan, agar tidak salah pilih.

Daftar Perbedaan Printer Laserjet dan Inkjet

Perbedaan Printer Laserjet Dan Inkjet
Perbedaan Printer Laserjet Dan Inkjet

1. Harga Printer dan Biaya Operasional

Setiap orang tentunya memiliki budget yang berbeda untuk membeli dan merawat sebuah printer. Harga printer laserjet dan inkjet di pasaran memang tidak jauh berbeda. Mengingat hal ini tergantung dari merk printer yang tersedia. Begitu pula dengan fitur-fitur tambahan yang disematkan di dalamnya.

Tidak hanya itu, memiliki printer juga harus menyiapkan biaya operasional setiap ingin menggunakannya. Saat pertama kali membeli printer baru, Anda memang akan mendapatkan semacam tinta sebagai starter pack.

Artikel terkait: Cara Print Label Pengiriman di Aplikasi Clodeo

Namun ketika tinta tersebut habis, tentunya Anda harus menyiapkan dana agar printer tetap bisa beroperasi. Oleh karena itu, sebaiknya sekaligus  membeli supplies cadangan ketika membeli printer baru.

2. Kecepatan Cetak per Menit

Memiliki printer dengan kecepatan yang mumpuni tentunya akan membuat pekerjaan Anda selesai lebih cepat. Namun, hal ini kembali lagi pada jenis dokumen apa yang akan sering dicetak. Seperti yang diketahui, dokumen berisi gambar memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicetak.

Bagi yang lebih sering mencetak teks dan gambar monokrom (hitam putih), sebaiknya memilih printer laserjet. Mengingat kecepatan cetak jenis printer ini mencapai 20 lembar/menit.

Sedangkan printer inkjet cocok untuk Anda yang sering mencetak dokumen berisi gambar berwarna. Namun, waktu yang dibutuhkan memang lebih lama, yaitu sekitar 6 lembar/menit.

3. Kualitas Mencetak Dokumen Berwarna

Printer laserjet dan inkjet sama-sama bisa mencetak dokumen berisi gambar berwarna. Namun, kualitas dan kecepatannya memang berbeda. Printer inkjet lebih banyak dipilih bagi mereka yang butuh mencetak foto dan file presentasi.

Printer ini bisa menghasilkan kualitas cetak yang mumpuni untuk mencetak file-file tersebut. Memang waktu yang dibutuhkan printer inkjet lebih lama, sehingga penggunaannya juga perlu disesuaikan. Tak heran jika printer ini lebih cocok untuk printer rumahan.

Printer inkjet menghasilkan lembaran cetak berwarna yang lebih halus dan tajam. Bagi Anda yang ingin menjaga kualitas gambar untuk dicetak, sebaiknya memilih tipe printer ini.

4. Ukuran Bodi Printer

Ketika hendak membeli printer, Anda juga perlu menyiapkan tempat yang cukup untuk meletakkan printer. Mengingat tidak semua orang memiliki ruangan yang besar untuk menempatkan printer. Jika ruangan di rumah atau kantor sempit, printer inkjet bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun jika tidak bermasalah soal ketersediaan ruangan, memilih printer laserjet bukan jadi masalah. Mengingat jenis printer laserjet umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dibanding printer inkjet.

Printer inkjet dan laserjet memang merupakan dua jenis printer yang paling sering ditemui di pasaran. Seperti yang telah diulas di atas, Anda juga telah memahami tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kedua printer.

Oleh karena itu, pastikan untuk mempertimbangkan secara matang sebelum membeli printer. Jika budget terbatas dan lebih sering mencetak dokumen monokrom, sebaiknya memilih printer laser saja.