Flash News

Ini Perbedaan Gaya Komunikasi Pria dan Wanita

Pria dan wanita tidak hanya berbeda dari segi jenis kelaminnya saja. Melainkan perbedaan pria dan wanita juga melingkupi sifat...

Written by Editorial · 1 min read >

Pria dan wanita tidak hanya berbeda dari segi jenis kelaminnya saja. Melainkan perbedaan pria dan wanita juga melingkupi sifat dasar, sikap dan juga prinsip mereka. Ketiganya menjadi salah satu latar belakang mengapa pria dan wanita cenderung sering mengalami masalah komunikasi.

Jika masalah komunikasi tersebut tidak diatasi dengan baik, tentu akan berdampak buruk pada kesenjangan hubungan antara pria dan wanita. Rasa tidak harmonis pun akan muncul di tengah – tengah hubungan yang terjalin.

Karena itu sebenarnya semua hal tentang pria dan wanita harus disikapi secara bijak dan dicari tahu perbedaannya apa untuk kemudian nantinya dicarikan sebuah solusi yang tepat. Dari sisi komunikasi, selain gaya bicara berikut perbedaan pria dan wanita yang Anda harus tahu!

Perbedaan Pria dan Wanita dari Sisi Komunikasi 

Tema pembicaraan dalam perbincangan pria dan wanita itu berbeda

Soal pembicaraan mengenai fakta, pria lebih banyak membicarakan fakta tanpa peduli perasaan orang yang diajak bicara. Sementara karakteristik wanita, mereka cenderung lebih melibatkan perasaan orang yang diajak bicara.

Karena itu jangan heran jika Anda menemukan wanita lebih suka curhat dengan temannya sementara pria lebih suka membahas pertandingan bola atau topic lain yang bersifat realita.

Cara wanita dan pria membahas masalah yang sudah dibicarakan

Ketika suatu problem sudah dibahas, pria menganggap bahwa pembahasan tersebut adalah cara menyelesaikan masalah. Mereka tidak peduli apakah orang – orang di sekitarnya setuju dengan pendapatnya atau tidak. Yang penting ketika sudah dibahas, maka artinya selesai.

Namun untuk wanita hal yang seperti itu tidak terjadi. Masalah baru dianggap benar – benar selesai jika memang sudah ada solusi yang didapatkan dan sudah disepakati bersama. Tanpa adanya solusi dan kesepakatan bersama yang menguntungkan semua pihak, wanita masih tetap menganggap semua itu masalah.

Karena itu wanita cenderung tetap membahas apa yang sudah dibahas sebelumnya jika mereka menganggap ada yang masih belum beres, sementara pria tidak demikian.

Cara pandang pria dan wanita dalam menghadapi masalah jelas berbeda

Soal sudut pandang, pria dan wanita punya cara yang berbeda dalam menghadapi masalah. Pria cenderung diam dan berpikir untuk menemukan solusi atas apa yang menjadi masalahnya. Pria justru akan berdiam diri dan tidak berbicara dengan siapa pun ketika mereka merasa punya masalah yang berat karena pada prinsipnya pria tidak suka melibatkan banyak orang dalam masalahnya.

Sementara wanita tidak demikian. Wanita justru cenderung membicarakan apa yang menjadi masalah entah akan mendapat solusi atau tidak. Itulah sebabnya rahasia masalah wanita lebih banyak bocor karena mereka memang cenderung lebih senang bercerita bahkan sebelum menemukan jalan keluar dari masalah tersebut.

Jadi itulah perbedaan pria dan wanita dari sisi komunikasi. Perbedaan itulah yang menjadikan cara pria dan wanita untuk mengatasi masalah dan berperilaku dalam kehidupannya berbeda. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang menarik sekaligus bermanfaat untuk Anda.