Flash News

Mengenal TPU Tanah Kusir di Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Tanah Kusir merupakan salah satu kawasan yang cukup luas. Hal yang hampir tidak pernah dilewatkan dari kawasan Tanah Kusir...

Written by Editorial · 1 min read >
ilustrasi TPU tanah kusir

Tanah Kusir merupakan salah satu kawasan yang cukup luas. Hal yang hampir tidak pernah dilewatkan dari kawasan Tanah Kusir adalah tempat pemakaman umum yang begitu populer. Hampir semua orang mengenal tempat pemakaman ini. Bukan karena isu yang menyeramkan, tetapi karena tempat pemakaman ini sangat populer. Bahkan kawasan Tanah Kusir ini cukup populer jika dibandingkan dengan beberapa kawasan pemakaman yang lainnya. Bisa dibilang bahwa TPU Tanah Kusir hampir sama populernya dengan taman makam Pahlawan Kalibata.

TPU Tanah Kusir Dengan Kepopulerannya

Artikel ini disponsori oleh San Diego Hills

Seperti yang diketahui bahwa ada banyak makam di kawasan ibu kota. Namun pemakaman tersebut memiliki beberapa perbedaan dan karakteristik tersendiri. Seperti salah satu makan yang cukup populer. Salah satunya adalah makam Pahlawan Kalibata. Makam ini memang terdengar tidak asing lagi. Sebab, makam ini memang diperuntukkan hanya untuk tokoh-tokoh penting. Makam ini terbilang sangat rapi dan unik.

Perawatannya pun sangat baik. Mengingat banyak pejuang dan pahlawan yang dimakamkan di kawasan ini. Perlu diketahui bahwa ada kawasan pemakaman lain yang memiliki karakteristik hampir sama dengan taman makam Pahlawan Kalibata. Tidak lain dan tidak bukan adalah kawasan Tanah Kusir. Tempat pemakaman umum Tanah Kusir merupakan salah satu tempat pemakaman yang memiliki ukuran luas.

Tempat pemakaman yang ada di Tanah Kusir ini dikatakan umum, namun ada beberapa pahlawan yang dimakamkan di tempat ini. Diantaranya adalah wakil presiden Indonesia yaitu Drs. Mohammad Hatta. Seperti yang diketahui bahwa setiap pahlawan yang gugur akan dimakamkan di taman makam Pahlawan Kalibata.

Namun tidak untuk sosok wakil presiden kedua Indonesia ini. Beliau ingin dimakamkan di tempat pemakaman yang biasa bersama rakyat. Akhirnya dipilih tempat pemakaman umum Tanah Kusir. Makam Drs. Mohammad Hatta ini ditempatkan bersandingan dengan sang istri. Kemudian diberi tanda seperti adat Sumatera Barat. Tokoh selanjutnya yang dimakamkan di TPU Tanah Kusir adalah Buya Hamka.

Siapa yang tidak mengenal sosok Buya Hamka ini. Seorang tokoh kemerdekaan yang memiliki banyak karangan novel yang sudah diangkat menjadi sebuah film. Ulama sekaligus sastrawan ini juga dimakamkan di tempat ini. Kawasan Tanah Kusir memang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan pemakaman yang lainnya. TPU ini sudah lama dioperasikan.

Profil Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir

Pemakaman umum Tanah Kusir ini terletak di kawasan Bintaro. Lebih tepatnya di Jalan Raya Bintaro, Kelurahan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Jika dilihat dari kawasan Jakarta Selatan, maka tempat pemakaman umum Tanah Kusir merupakan TPU yang paling besar. Luas lahan yang dimiliki sekitar 55,04 hektare. Luas lahan ini telah dibagi menjadi dua bagian yaitu Tanah Kusir bagian utara dan selatan. Nomor telepon atau kontak yang bisa dihubungi adalah 082114142465.

Pemakaman Tanah Kusir ini mendapat normalisasi akibat adanya banjir. Hal ini mengakibatkan beribu-ribu meter lahan menjadi berkurang. Sebab, ada pengerukan yang digunakan untuk normalisasi dampak banjir. Setelah adanya normalisasi tersebut, tempat pemakaman umum Tanah Kusir menjadi lebih nyaman dan aman. Bahkan kini dirasa jauh lebih baik.

TPU Tanah Kusir ini memiliki suasana yang tidak menyeramkan sama sekali. Seperti yang diketahui bahwa kebanyakan makam memiliki kesan seram dan menakutkan, namun tidak untuk TPU Tanah Kusir ini. Kawasan TPU Tanah Kusir merupakan salah satu lahan hijau terbuka yang menjadi tempat tinggal bagi beberapa burung yang ada di Jakarta Selatan.