Pernahkah Anda membidik gambar dalam kondisi cahaya yang sangat terang benderang? Bagaimana hasilnya? Apakah silau? Gambar menjadi berwarna putih? Atau gambar menjadi tidak jelas?

Jika mengalami masalah itu, ND filter bisa menjadi solusi dari masalah-masalah tersebut.

ND Filter atau Neutral Density adalah perangkat wajib untuk menciptakan efek yang spesial. Apa efek spesial tersebut? Ialah efek menggelapkan. Dengan memakai ND Filter, cahaya yang masuk ke kamera bisa dikurangi.

Lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini:

Apa Itu ND Filter dalam Dunia Fotografi?

ND filter berbentuk selembar kaca yang dipasang di depan lensa. Tingkat kecerahan bisa diubah dengan memutar filter ini sampai menemukan kecerahan yang diinginkan. Hasil foto yang menggunakan ND filter bisa berubah 180° dibanding tanpa menggunakan ND filter.

Karena fungsinya adalah mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke lensa alias menggelapkan foto, Anda pun bisa mengontrol cahaya agar sesuai komposisi. Memang benar, tahap seperti ini bisa dilakukan di proses edit, akan tetapi hasil foto yang bagus tanpa proses edit memberikan kepuasan tersendiri bagi fotografer.

Lihat juga: Cara Sambungkan HP Android ke TV

Selain dipakai untuk menggelapkan foto, ND filter juga bisa dipakai untuk memberikan efek berkabut atau blur yang dramatis.

Beberapa Fungsi ND Filter

Fungsi utama ND filter adalah mengatur cahaya yang masuk ke lensa supaya tidak berlebihan. Adapun fungsi yang lain:

  • Saat menggunakan shutter slow, Anda bisa mengatur cahaya yang masuk dengan ND filter, mengingat saat shutter slow cahaya yang masuk bisa sangat banyak
  • Untuk menciptakan efek bokeh dalam kondisi cahaya yang sangat terang
  • Dapat menyeimbangkan kontras yang tidak merata pada bidikan
  • Jika Anda kesulitan mengatur shutter speed atau kecepatan rana, keberadaan ND filter sangatlah membantu
  • Dengan menggunakan ND filter, Anda bisa memperbesar aperture sehingga mendapatkan foto ngeblur

Tips Memilih Filter ND yang Tepat

Filter ND yang bagus seharusnya memiliki kekokohan fisik yang baik, bening, tahan air, tahan dari sidik jari, dan mudah dibersihkan. Filter ND yang baik tidak akan mengubah warna foto, karena sejatinya dia hanya membuat efek gelap yang mendramatisir.

Nd Filter Kamera
Nd Filter Kamera

Sebelum membeli filter ND, perhatikan ukuran dari lensa kamera Anda, lalu ketahui juga berapa tingkat kepekatan yang dia miliki. Biasanya ada yang tingkat kepekatannya paling kecil 1 stop sampai 10 stop. Kepekatan ini sangat memengaruhi hasil dan bisa menyesuaikan kebutuhan, contoh saja:

  • Kepekatan ND 3 stop: filter dengan kepekatan ini sangat cocok dengan flash di outdoor, misalnya foto di bawah cahaya matahari terik
  • Kepekatan ND 6 stop: dia lebih pekat daripada ND 3 stop, cocok untuk mengambil gambar di bawah sinar matahari yang cerah, dan dengan kepekatan ini kita bisa memakai shutter speed 1/2-2 detik dan mendapatkan gambar dengan mudah tanpa memperoleh cahaya yang berlebihan
  • Kepekatan ND 10 stop: cocok untuk pengambilan gambar air terjun dengan shutter speed yang lambat tanpa memperoleh banyak cahaya yang masuk, dan membuat hasil foto air terjun bak kapas yang lembut

Referensi: https://soundtext.readthedocs.io/en/latest/

Untuk harga ND filter bervariasi, darimulai Rp 60.000 sampai Rp 5.000.000. Harga yang mahal sudah pasti mendapatkan ND yang bagus, tapi harga bukanlah patokan.

ND filter mirip seperti kacamata kamera. Mereka mengontrol cahaya masuk tanpa mengganggu warna gambar objek foto. Kita pun tahu, cahaya yang berlebihan tidak baik karena bisa membuat foto menjadi putih, dan kekurangan cahaya juga tidak bagus karena bisa membuat foto tidak jelas. Komposisi yang baik, bisa menciptakan exposure yang tepat. Keberadaan ND filter sangat penting, jadi jika Anda belum memiliki peralatan ini, segera beli!

Tagged in:

,