Otomotif

Kisaran Jarak Surabaya Malang dan Waktu Tempuhnya

Artikel ini disponsori oleh: Paket Liburan Malang Surabaya dan Malang merupakan dua kota terbesar di Jawa Timur. Surabaya berada...

Written by Editorial · 1 min read >
jalan surabaya malang bersama TravelMalang

Artikel ini disponsori oleh: Paket Liburan Malang

Surabaya dan Malang merupakan dua kota terbesar di Jawa Timur. Surabaya berada di posisi pertama kemudian disusul oleh Malang. Jarak antar dua kota ini juga tidak terlampau jauh. Karena itu, banyak orang yang berlalu lalang untuk menempuh perjalanan dari Surabaya ke Malang, maupun sebaliknya untuk berbagai event bisnis, liburan, dan keperluan lainnya. 

Berbagai macam transportasi disediakan untuk memudahkan mobilitas. Waktu tempuh antar masing-masing transport seperti travel, bus antar kota, kereta api, mobil, dan motor pun berbeda-beda. Simak selengkapnya mengenai jarak Surabaya-Malang beserta waktu tempuhnya di uraian berikut ini

Jarak Surabaya-Malang

Surabaya dan Malang memiliki jarak yang tidak terlampau jauh. Kurang dari 90 km. Malang berada di sebelah selatan Surabaya. Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, Malang menyuguhkan banyak wisata alam yang memukau. Hal itu menjadi salah satu alasan warga kota Surabaya sering mengunjungi kota Apel ini. 

Jarak 90 km pun akan ditempuh untuk sekedar melepas penat dan lelah dari hiruk pikuk kota setiap harinya. begitupun dengan warga Malang yang sering mengunjungi Surabaya untuk berbagai alasan seperti bisnis, pergi ke pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. 

Rute Surabaya-Malang

Dari Surabaya ke Malang bisa ditempuh dengan travel antar jemput, kendaraan pribadi (mobil dan motor), dan bus antar kota melalui rute Surabaya – Sidoarjo – Porong – Gempol – Pandaan – Purwosari – Purwodadi – Lawang – Singosari – Malang. Untuk menaiki bus antar kota kelas patas, penumpang hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 35.000.

Tersedia juga jalur kereta api yang banyak menjadi pilihan orang karena dinilai bisa memberikan kenyamanan dalam perjalanan. Waktunya pun tidak molor dan tidak bergantung pada situasi jalanan. Ada kereta api eksekutif, bisnis, maupun ekonomi menyediakan beberapa kali perjalanan dalam sehari. 

Rute kereta api berbeda dari rute kendaraan lainnya. Dari Surabaya, akan diberangkatkan mulai dari Stasiun Gubeng, Wonokromo, Waru, Gedangan, Sidoarjo, Tanggulangin, Porong, Bangil, Lawang, Singosari, Blimbing, Malang Kota Baru, dan terakhir Malang Kota Lama. Untuk kelas ekonomi, tiket yang ditawarkan pun sangat terjangkau, hanya berkisar Rp 10 ribu, Rp 12 ribu, dan Rp 24 ribu. Sedangkan untuk kelas eksekutif dan bisnis berkisar Rp 40 ribu hingga ratusan ribu rupiah.  

Waktu Tempuh Surabaya-Malang

Melalui rute biasa non-tol waktu tempuh antara Surabaya ke Malang mencapai 2 jam saat weekdays, sedangkan untuk weekend bisa sampai 4-5 jam bergantung pada kondisi jalan. Adanya tol Pandaan-Malang yang membentang sepanjang 38,488 Km membuat waktu tempuh terpangkas hingga kurang dari 1 jam. Tol tersebut membuat ruas jalan dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan menjadi lebih singkat. Hal itu membuat perjalanan antar dua kota tersebut menjadi lebih mudah, tapi hanya berlaku untuk kendaraan roda empat ke atas. 

Nah, buat kamu yang ingin melakukan perjalanan Surabaya-Malang maupun sebaliknya bisa memilih berbagai jenis kendaraan yang ada. Masing-masing kendaraan memiliki tingkat kenyamanan dan waktu tempuh yang berbeda seperti yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!