Hasil perubahan teks menjadi suara memang banyak dimanfaatkan saat ini. Mulai dari menggunakannya sebagai nada dering wa hingga menggunakannya sebagai media promosi. Umumnya hasil dari teks menjadi suara ini digunakan sebagai pengganti dari model yang merekam suaranya. Karena pastinya akan sangat repot. Nah, kali ini ada FreeTTS.com yang bisa digunakan secara gratis.

Kelebihan FreeTTS.com

Situs Freetts Download Nada Dering Suara Google Tanpa Aplikasi
Situs Freetts Download Nada Dering Suara Google Tanpa Aplikasi

Sebelum memulai cara untuk mengubah teks menjadi suara dengan FreeTTS.com. Anda perlu mengetahui banyak kelebihannya sehingga bisa menjadi rekomendasi untuk Anda menggunakannya. Berikut beberapa kelebihannya dibandingkan oleh pesaing lainnya.

1. Gratis tanpa pembayaran apapun. Ya, tool ini merupakan tool yang bisa digunakan secara gratis tanpa batasan apapun mulai dari pilihan bahasanya, pembicaranya dan lainnya. Oleh karena itulah tool ini bisa digunakan tanpa merepotkan. Apalagi jika terkait masalah lisensi untuk digunakan sebagai promosi bisnis kecil-kecilan, tool ini sangat direkomendasikan.

2. Memiliki batasan yang lebih besar dibandingkan pesaing lainnya. FreeTTS memberikan batasan hingga 5000 karakter dalam setiap pengubahan teks ke suara. Dibandingkan dengan pesaingnya yang hanya 250 karakter saja.  Tentu ini memberikan Anda lebih banyak peluang untuk membuat konten Anda.

Anda juga tidak dibatasi untuk berapa kali konversi teks ke suara setiap harinya atau setiap bulannya. Hal ini bahkan seringkali ditemukan pada tool berbayar yang mana membatasi jumlah konversi setiap bulannya. Manfaatkan dengan baik tool ini.

3. Tool berbasis web yang bisa digunakan di berbagai perangkat. Anda bisa menggunakannya di smartphone, laptop hingga PC yang terhubung dengan internet. Karena merupakan program berbasis web, Anda tidak perlu menginstal program apapun. Jadi Anda bisa lebih hemat memori. Selain itu, karena merupakan tool berbasis web, tool ini ringan digunakan.

Anda tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi untuk dapat mengakses webnya. Bahkan tampilannya juga terbilang sederhana untuk diakses mereka yang masih merupakan pemula dalam bidang TTS.

4. Sangat cocok untuk pemula. Tool FreeTTS.com ini sangat cocok untuk mereka yang masih pemula dalam bidang pengubah teks ke suara. Pasalnya memang tool ini tidak memiliki fitur lain selain mengubah teks menjadi suara. Ini bisa saja menjadi kelemahan dan juga kelebihan bila dibandingkan dengan tool pesaing. 

5. Mendukung Bahasa Indonesia. Tool ini mendukung Bahasa Indonesia dengan baik,. Meski hanya terbatas pada 3 pengucap saja, namun Anda bisa menggunakannya secara gratis. Umumnya tool pesaing lainnya hanya memberikan versi gratis pada Bahasa Inggris saja, sedangkan untuk Bahasa Indonesia dan lainnya harus berbayar. 

Referensi terkait: https://www.kobi-id.org/sound-of-the-text/

Kesimpulan

Sebagai sebuah Tool pengubah teks menjadi suara khususnya menbuat nada dering seuara Google, FreeTTS.com sangat direkomendasikan untuk Anda yang masih pemula dalam hal ini dan juga tidak memiliki modal untuk membeli lisensi program berbayar. Pasalnya memang tool ini bisa digunakan sepenuhnya secara gratis, memiliki banyak opsi Bahasa.

Hanya saja untuk mereka yang membutuhkan tool dengan banyak fitur mulai dari pengaturan pitch, hasil yang lebih natural, dan juga lainnya FreeTTS.com mungkin bukanlah jawaban yang tepat. Apalagi pilihan pengucapnya juga masih sangat terbatas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari tool gratisan untuk TTS.