Tips n Trik

Ini Kelebihan Kekurangan Lantai Mozaic dan Keramik untuk Kolam Renang

Banyak yang bingung bagaimana cara memilih lantai yang cocok untuk kolam renang. Perbandingan dan pertimbangan yang sering dilakukan yaitu...

Written by Editorial · 1 min read >
contoh pilihan mozaic untuk kolam renang

Banyak yang bingung bagaimana cara memilih lantai yang cocok untuk kolam renang. Perbandingan dan pertimbangan yang sering dilakukan yaitu memilih antara lantai keramik atau mozaic sebagai finishing kolam renang. Keduanya sama-sama sering digunakan sebagai finishing lantai kolam renang karena dapat memperindah lantai. Daripada salah memilih, berikut akan dibahas perbandingan antara keramik dan mozaic.

Plus Minus Keramik

Kelebihan Keramik

  • Banyak yang menjual keramik sehingga lebih mudah dicari.
  • Terdiri dari banyak pilihan motif yang unik dan menarik.
  • Dapat menghemat biaya pemasangan karena proses instalasinya cukup cepat.
  • Harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan mozaic.

Kekurangan Keramik

  • Keramik lebih rentan retak dan pecah dibandingkan mozaic.
  • Pengguna kolam renang biasanya akan lebih cepat bosan karena penggunaan keramik dan tidak ada yang terlalu istimewa.

Nat keramik akan lebih mudah terkikis yang juga menyebabkan sisi keramik ikut terkikis. Jika hal tersebut terjadi maka dapat membahayakan para perangan misalnya seperti mengalami luka goresan atau sayatan saat berenang karena tergores lantai keramik yang natnya sudah terkikis. Hal ini terjadi karena umumnya keramik tidak memiliki cukup lapisan pelindung yang tebal. 

Informasi ini disampaikan oleh: Kontraktor Kolam Renang

Plus Minus Mozaic

Kelebihan Mozaic

Lantai mozaic memiliki tingkat kekerasan yang tinggi karena proses pembuatannya menggunakan suhu tinggi pada saat dipanaskan dalam waktu lama sehingga mozaic menjadi keras dan tahan akan perubahan cuaca. 

Mozaic bersifat tahan air dan anti gores. Hal ini karena tingkat kekerasan mozaic yang tinggi sehingga daya serap air yang dimiliki sangat rendah yaitu hanya berkisar antara 0,006% hingga 0,3%. Jadi mozaik tidak akan cepat rusak meskipun terendam lama di dalam air. 

Lantai mozaic juga lebih kuat dan tidak mudah lepas atau terangkat. Bahkan mozaik memiliki daya tekan atau daya lentur yang baik yaitu sebesar 450 kg/cm2. Karena hal ini mozaik lebih tahan terhadap gesekan dibandingkan keramik dengan daya tekan hanya 200 kg/cm2. Jadi meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu lama dan sering diinjak juga tidak akan mudah lepas.

Mozaic juga sangat simple untuk anda bersihkan cukup dengan disikat. Apalagi kolam renang harus sering dibersihkan karena mudah menjadi sarang timbulnya lumut dan jamur yang diakibatkan oleh air kolam renang yang selalu terisi. Jamur dan lumut akan mudah hilang pada lantai mozaic dengan menyikatnya saja. 

Finishing mozaic cenderung lebih aman digunakan karena tidak terlalu tajam dan juga tidak mudah terkikis dibandingkan dengan lantai keramik. Karena hal ini kecil kemungkinan para pengguna kolam renang akan terluka karena lantai yang terkikis. Mozaic juga tidak akan mudah terkikis meskipun terendam lama di dalam kolam renang. Sisi-sisi mozaic akan tetap halus.

Kekurangan Mozaic

  • Mozaic memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan keramik.
  • Pendistribusian di setiap daerah tertentu masih kurang merata sehingga sulit ditemui. 
  • Membutuhkan biaya yang besar untuk proses instalasi mozaic.
  • Biasanya terdapat banyak celah di antara kepingan mozaic sehingga dibutuhkan proses nutting yang lebih banyak dan teliti.
  • Proses pemasangan mozaic terhitung lebih lama dibandingkan keramik.
  • Mozaic tidak boleh dipasang sembarangan sehingga membutuhkan tenaga kerja yang ahli dan profesional agar hasilnya memuaskan namun pastinya membutuhkan biaya lebih besar lagi. 

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan dari keramik dan mozaic, anda akan lebih mudah menentukan material lantai yang cocok untuk pembuatan kolam renang anda. Apabila memiliki anggaran yang terbatas bisa memilih keramik. Namun jika ingin finishing yang indah dan mewah, bisa menggunakan mozaic namun anda harus siap dengan biaya yang harus dikeluarkan.