Uncategorized

Mengenal Jenis Jaringan Tubuh Manusia

Dalam tubuh manusia, terdiri dari berbagai komponen mulai dari sel, jaringan hingga organ tubuh. Sel akan membentuk jaringan, lalu...

Written by Editorial · 1 min read >
jaringan tubuh manusia

Dalam tubuh manusia, terdiri dari berbagai komponen mulai dari sel, jaringan hingga organ tubuh. Sel akan membentuk jaringan, lalu jaringan akan membentuk organ tubuh seperti jantung, paru-paru, ginjal dan lainnya.

Dalam pembentukan organ tersebut, mungkin Anda cukup familiar dengan sebutan jaringan tubuh. Jaringan tubuh ialah kumpulan sel yang membangun tubuh secara keseluruhan. Jaringan ini akan membangun tangan, lengan, kaki dan organ lain seperti paru-paru, otak, jantung, lambung dan lain-lain.

Setiap bagian tubuh yang terbentuk dari jaringan tersebut memiliki peran dan fungsi masing-masing, sehingga dalam tubuh manusia terdapat begitu banyak jenis jaringan. Penasaran apa saja jenis-jenis jaringan tubuh manusia? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Jaringan Otot

Otot merupakan jaringan lunak pada tubuh yang fungsinya membantu mengendalikan pergerakan tubuh. Jaringan ini terdiri dari sel-sel berserat dan panjang yang bisa berkontraksi serta membesar, sehingga bisa membuat desakan pada otot untuk digerakkan.

Sel-sel pada jaringan otot terdiri dari garis sejajar dan terikat, oleh sebab itu jaringan otot adalah jaringan yang paling kuat di tubuh manusia.

Jaringan Ikat

Sesuai namanya, jaringan ikat merupakan jaringan yang berperan dalam memberikan dukungan serta menahan bagian-bagian tubuh agar tetap terikat bersama. Jaringan ini akan mengisi ruang kosong pada organ.

Beberapa yang termasuk dalam jaringan ikat antara lain adalah serat kolagen yang menyusun ligamen dan tendon, adiposa (lemak), kartilago serta tulang yang meliputi sumsum dan jaringan tulang.

Baca juga: Pengertian, Gambar, dan Struktur Jaringan Tumbuhan

Jaringan Epitel

Jaringan epitel bisa Anda temukan pada tubuh dan lapisan beberapa organ serta rongga internal. Sel-sel epitel sendiri ditujukan untuk fungsi tertentu pada tubuh, seperti penyerapan selektif, proteksi, sekresi, transport transeluler serta perasa.

Jaringan ini terbuat dari sel-sel epitel, dimana sel ini bisa tampak rata atau gepeng dengan bentuk kolom atau kubus. Sel epitel sendiri menempel dengan erat yang membuat lembaran bertumpu atau tunggal.

Layaknya selimut yang dijahit rapi dan rapat, epitelium adalah pelindung yang begitu baik untuk organ atau bagian-bagian tubuh manusia.

Jaringan Saraf

Dari namanya saja pasti Anda sudah bisa menebak, jika satu dari 4 jenis-jenis jaringan tubuh ini hanya bisa ditemukan pada sistem saraf yang terbuat dari sel-sel unik dan khusus. Seperti contohnya sirkuit listrik, saraf berperan untuk mengantarkan sinyal dari saraf ke saraf tulang belakang serta otak.

Sel-sel yang dikenal dengan na neuron akan mengonduksi impuls ini, dengan begitu Anda bisa menggunakan semua indera seperti penciuman, peraba, penglihatan, dan pengecapan.

Jenis-jenis jaringan tubuh di atas menunjukan jika tubuh manusia terbentuk dengan susunan yang begitu beragam dengan masing-masing komponen dan susunan memiliki peran serta fungsi tersendiri.

Semoga penjelasan singkat di atas dapat menjawab rasa penasaran Anda tentang jenis jaringan pada tubuh manusia.