Bingung ingin main game namun memori hp penuh? Kamu tidak perlu khawatir karena Google menyediakan banyak game lucu dan unik yang bisa kamu mainkan tanpa harus menginstalnya. Game ini bisa kamu mainkan dengan menggunakan browser atau peramban smartphonemu maupun laptop atau desktop kamu. Berikut cara mainkan game Google doodles di browser kamu dirangkum oleh tim Imaji.

Sebagai informasi, Google Doodles adalah sebuah tradisi unik dari Google untuk merayakan suatu hari baik itu internasional maupun lokal di setiap negara. Doodles ini akan tampak ketika kamu mengunjungi halaman awal Google. Misalnya pada hari Kartini, Google akan menampilkan gambar Kartini yang tetap menampakkan kata Google.

Nah tidak hanya sekedar gambar saja, Doodles yang ditampilkan juga seringkali bisa bergerak dalam bentuk animasi lucu yang mana ketika kamu klik atau kamu sentuh di layar smartphone kamu, Google akan mengantarkan kamu ke halaman khusus yang menampilkan informasi dari perayaan yang dirayakan melalui Doodles tersebut.

Yang tidak unik lagi lainnya adalah, ada beberapa Doodles dari Google yang bisa kamu mainkan seperti permainan dinosaurus dalam aplikasi Google Chrome. Berikut cara mainkan game Google Doodles yang bisa kamu mainkan melalui browser. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka browser atau peramban. Kamu bisa menggunakan Google Chrome atau peramban bawaan. Pastikan ada internet akses juga ya.
  2. Langkah berikutnya, kunjungi situs https://www.google.com/doodles/
  3. Dalam situs tersebut kamu akan menemukan berbagai Doodles yang pernah dibuat oleh Google, termasuk yang bisa kamu mainkan.
  4. Karena tidak semua Doodles merupakan game, di kolom pencarian, ketik Doodles yang hendak kamu mainkan. Contohnya adalah PacMan yang Doodlesnya dimunculkan saat perayaan 30 tahun PacMan
  5. Setelah itu klik link yang menampilkan Doodles kemudian akan muncul halaman baru yang menampilkan game dan kamu bisa memainkan gamenya.
  6. Nah, untuk kamu yang menggunakan laptop untuk cara mainkan game Google Doodles kamu bisa menggunakan keyboard. Sedangkan untuk kamu yang menggunakan smartphone, cara untuk memainkannya bisa berupa swipe atau dengan sentuhan.

Karena tidak semua Doodles dari Google tersebut bisa dimainkan, berikut ini ada daftar beberapa Doodles yang bisa dimainkan. Kamu bisa mengetikkan namanya di kolom pencarian untuk memainkan game sederhana yang kreatif dari Google. Dijamin bikin ketagihan deh walau tampilannya sederhana. Berikut daftar game Doodle yang paling populer.

  1. Doodle Champion Island Games: Tokyo Olympic 2020 
  2. PAC MAN
  3. Cricket Doodle
  4. Fischinger
  5. Quick Draw
  6. Loteria
  7. Scoville
  8. Hip Hop
  9. Coding for Carrots
  10. Halloween
  11. Play with Bees
  12. Basket Ball
  13. Soccer
  14. Rubik’s Game
  15. Rockmore
  16. Garden Gnomes

Bagaimana? Banyak sekali game yang bisa kamu mainkan di Google Doodles diatas kan? Bahkan game Pac Man sendiri pernah didaulat sebagai game online yang dimainkan secara bersamaan terbanyak hingga 500 juta pemain secara bersamaan. Pasalnya memang Pac Man sendiri merupakan game legendaris yang dikenal oleh berbagai generasi mulai dari yang tua hingga yang muda.

Untuk memainkan game sederhana dari Google di atas juga tidak membutuhkan spesifikasi perangkat yang berat karena pada dasarnya kamu hanya membutuhkan sebuah browser atau peramban untuk menuju ke gamenya. Kamu juga tidak memerlukan joystick untuk memainkan gamenya. 

Tak hanya itu saja, beberapa game juga memungkinkan kamu untuk bermain bersama orang lain atau juga memiliki highscore yang dibagikan dengan orang lain dari berbagai belahan dunia. Semoga artikel mengenai cara memainkan game Google Doodles ini bisa bermanfaat untuk mengisi waktu luangmu. Selamat mencoba.

Tagged in:

,