Facebook telah meluncurkan versi Lite dari aplikasi media sosialnya di Google Playstore. Aplikasi Facebook dianggap biasa dianggap membebani sumber daya Android sehingga tidak mendukung para pengguna yang menggunakan ponsel 3G atau di bawahnya. Itulah mengapa aplikasi  Facebook Lite.

Facebook Lite dianggap lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit data. Aplikasi ini berjalan dengan baik bahkan pada kecepatan 2G. Segala sesuatu dari data dan gambar bisa dikompresi, sehingga sebagai pengguna, Anda tidak akan kehilangan kabar terbaru dan feed berita dari teman Facebook Anda semua bisa diketahui. Jadi penasaran apa fitur dan manfaat menggunakan Facebook Lite ini?

Baca juga: Bocoran Metaverse Coin di Facebook Masa Depan

Manfaat dan Fitur Facebook Lite

Aplikasi Facebook Lite Terbaru Di Google Play
Aplikasi Facebook Lite Terbaru Di Google Play
  1. Interface Lebih Bagus

Secara default, ukuran font FB Lite diatur ke medium. Perlu disebutkan bahwa aplikasi FB asli tidak memungkinkan Anda untuk mengubah font, sehingga hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna FB Lite.

Aplikasi ini tidak terlalu cepat di jaringan 2G di wilayah tetapi masih lebih baik daripada aplikasi lainnya yang bahkan tidak bisa berjalan di 2G. Jika Anda sedang dalam perjalanan dan mendukung kecepatan 2G, Anda masih dapat menggunakan aplikasi ini.

  1. Memakan Sedikit Ruang

Aplikasi FB asli berukuran 35 MB, sedangkan FB Lite berukuran kurang dari satu MB. Anda dapat melihat perbedaan penyimpanan dan RAM yang dikonsumsi pada perangkat yang sama pada aplikasi Facebook dan FB lite untuk membuktikannya.

Tentu saja dengan keunggulan ini akan menjadi keuntungan besar bagi mereka yang memiliki ruang penyimpanan terbatas atau smartphone entry level. Facebook Lite cocok untuk ponsel kelas bawah  termasuk ponsel dengan penyimpanan terbatas

  1. Anda Tidak Perlu Messenger Untuk Kirim Pesan

Dengan FB Lite, Anda dapat mengosongkan lebih banyak ruang dengan menghapus aplikasi messenger FB. Banyak orang kesal tentang Facebook yang menjadikan Messenger sebagai persyaratan wajib untuk pesan, tetapi dengan Facebook Lite, Anda bisa mengirim pesan karena aplikasi satu ini sudah terintegrasi menjadi satu.

  1. Bisa Untuk Semua Jaringan

Manfaat lain dari Facebook Lite adalah aplikasinya dirancang untuk bekerja di semua jenis jaringan dan bahkan bekerja pada jaringan 2G.

Selain manfaat ukuran aplikasi, kemampuannya untuk bekerja di semua jenis jaringan juga membuatnya sangat cocok untuk digunakan di daerah terpencil Indonesia dengan ketersediaan data seluler yang terbatas.

  1. Menginstal Cepat dan Memuat dengan Cepat

Facebook versi Lite dari aplikasi jejaring sosial raksasa milik Mark Zuckerberg ini sangat cepat dipasang di ponsel Anda menurut tim https://gbmods.readthedocs.io/en/latest/. Facebook Lite juga memuat item dengan cepat. Saat Anda mengetuk item apa pun di aplikasi, maka semuanya akan dimuat dengan sangat cepat.

Facebook Lite adalah aplikasi Facebook yang menggunakan lebih sedikit data, ruang disk, dan berfungsi di semua kondisi jaringan, termasuk jaringan 2G. Aplikasi ini memiliki ukuran kecil sehingga membutuhkan lebih sedikit ruang di ponsel Anda.

Facebook Lite memiliki sebagian besar fitur yang tersedia dalam versi lengkap. Anda masih dapat berbagi di Linimasa Anda, menanggapi postingan (Suka, komentar, dan lainnya), serta menemukan dan terhubung dengan teman Anda. Untuk lebih lanjut, berikut adalah fitur menarik dari Facebook Lite:

  • Update umpan berita
  • Menanggapi permintaan teman
  • Bisa kirim pesan
  • Melakukan panggilan video
  • Update  pmberitahuan
  • Bisa membagikan foto atau video
  • Tag teman di postingan
  • Menambahkan lokasi ke postingan
  • Posting perasaan/aktivitas – bagaimana perasaan anda saat ini, apakah anda sedang merayakannya, dll
  • Anda juga dapat meminta rekomendasi dan menjawab pertanyaan
  • Mencari dan terhubung dengan teman baru
  • Menambahkan komentar ke posting dan bereaksi terhadap foto/video
  • Ikuti atau berhenti mengikuti orang
  • Temukan acara lokal dan atur pertemuan
  • Dapatkan notifikasi saat orang berinteraksi dengan postingan Anda
  • Mengkses Facebook Marketplace untuk membeli dan menjual barang
  • Mencari bisnis lokal dan tinggalkan ulasan

Intinya adalah bahwa Facebook Lite jauh lebih hemat sumber daya tetapi lebih sedikit fitur yang bisa dinikmati. Nah, Facebook Lite vesi baru justru memiliki desain dan layout yang kurang menarik.

Facebook Lite dulu memiliki sistem perpesanan sendiri yang dipasang langsung ke dalam aplikasi sehingga Anda bisa mengirim pesan langsung. Namun, sekarang Facebook Lite memaksa Anda untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi perpesanan terpisah, seperti aplikasi Facebook Messenger.

Facebook Liter Versi Terbaru

Dengan 1 miliar unduhan, ada pembaruan untuk Messenger Lite. Berkat pembaruan terbaru, pengguna Android sekarang dapat merasakan banyak fitur yang sama yang tersedia di Facebook Messenger versi lengkap.

Lihat juga: Plus Minus Aplikasi WhatsApp Mods dari Fouad (FM)

Ada tiga pembaruan utama Desember 2018 untuk Messenger Lite seperti :

  1. GIF animasi

Di aplikasi sebelumnya, Anda dapat menerima GIF di Messenger Lite, tetapi tidak dianimasikan.  Namun, sekarang

Facebook Lite sekarang dapat mengirim dan menerima GIF animasi dengan menggunakan keyboard pihak ketiga, seperti keyboard Google.

  1. Sesuaikan Percakapan Messenger Lite

Jika Anda pernah menggunakan Facebook Messenger, Anda mungkin akrab dengan memperbarui pengaturan obrolan Anda ke warna khusus di luar biru Facebook standar. Anda sekarang memiliki kesempatan yang sama di Messenger Lite. Di Messenger Lite dan aplikasi lengkap, Anda dapat mengubah warna teks, emoji obrolan, atau nama obrolan.

Semua orang yang terlibat dalam percakapan akan melihat pembaruan yang Anda buat. Untuk mengubah warna, emoji, atau nama obrolan, buka obrolan yang relevan. Kemudian, di sudut kanan atas, ketuk tombol info.

Pada layar berikutnya yang muncul, Anda akan melihat informasi untuk individu atau grup yang Anda ajak ngobrol. Di sini Anda  bisa mengubah warna, chat emoji, atau memberi nama panggilan kepada seseorang.

Anda bisa mengklik tombol “Warna” yang akan memunculkan nuansa obrolan potensial berikut yang ditetapkan oleh Facebook:

  1. Bagikan File, Gambar, Video, dan Audio

Salah satu penggunaan messenger Facebook yang paling umum adalah berbagi gambar dan bentuk konten lainnya, baik audio maupun visual. Sekarang, baik itu gambar, video, atau bentuk konten lainnya, seperti file audio, Anda dapat membagikan file Anda melalui Messenger Lite.

Untuk melakukannya, buka obrolan yang Anda inginkan. Kemudian, klik pada simbol + di sudut kiri bawah. Setelah itu Anda bisa memberikan izin aplikasi untuk mengakses file Anda. Kemudian, pilih folder (seperti “gambar” dari galeri ponsel Anda) dengan file yang ingin Anda bagikan. Temukan dan ketuk gambar yang Anda inginkan, dan tekan kirim.

Kemampuan untuk panggilan video melalui Facebook Lite diumumkan sebelumnya pada Maret 2018 dan menjadi sebuah fitur yang sangat bagus. Menurut ruang berita resmi Facebook, panggilan video ditambahkan karena memiliki bandwidth yang lebih rendah.

Sayangnya, ponsel Android yang lebih lama dan tidak mendukung dengan fitur ini tentu saja tak akan bisa menikmati fitur dengan mengobrol langsung dengan orang yang paling disayangi.

Link Download Fb Lite Versi Lama
Link Download Fb Lite Versi Lama

Namun, daripada menggunakan Messenger biasa, pengguna Facebook Lite dianjurkan untuk menggunakan Messenger Lite di Android dan iOS. Nah, kalau Anda rindu dengan tampilan FB Lite lama, unduh saja dengan up to down. Klik https://facebook-lite.id.uptodown.com/android/versions dan carilah versi lama yang Anda sukai di sana. Sekian ulasan mengenai FB Lite versi lama dari Transparansi.or.id, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!