Salah satu hal penting yang Anda harus tahu ketika membeli iPhone adalah melihat IMEI-nya. Pasalnya, asli tidaknya perangkat seluler ini, bisa diketahui melalui hal tersebut. Untuk itu Anda perlu tahu cara cek IMEI iPhone, sebab banyak sekali iPhone replika yang ada di pasaran.

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan angka dengan jumlah 15 digit. Selain untuk melihat keaslian iPhone, IMEI juga berfungsi untuk mengetahui informasi lain seperti model, hardware, pembuat, sistem operasi dan lain sebagainya.

Cara Cek IMEI HP iPhone

Selain bisa dipakai untuk membedakan antara iPhone asli atau replika, IMEI juga bisa berguna untuk mengatasi pencurian HP iPhone Anda. Caranya adalah dengan melaporkan ke provider operator ponsel yang Anda gunakan. Dengan begitu, keberadaan iPhone Anda bisa dilacak. Nah, untuk mengecek IMEI iPhone iCloud ada banyak cara yang bisa digunakan, seperti:

Berbagai cara cek IMEI iPhone

1. Body Belakang 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan tanpa harus menghidupkan iPhone untuk mengecek IMEI adalah dengan melihat body belakang iPhone. Hanya saja, cara yang paling mudah ini banyak orang yang tidak menyadarinya, bahkan di sana tertulis dengan jelas nomor IMEI.

2. Box iPhone

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk melihat IMEI adalah dengan melihat Box iPhone itu sendiri. Di sana Anda akan melihat IMEI, bahkan ada informasi lain seperti model, serial iPhone dan lain sebagainya.

3. Kartu Slot SIM

Kartu SIM atau Tray SIM merupakan tempat di mana Anda meletakkan sim card. Berbeda dengan perangkat smartphone lainnya, pada iPhone Anda bisa melihat dengan nomor IMEI yang tersematkan di kartu slot SIM.

4. Pengaturan

Selain dari fisik, Anda juga bisa melihat IMEI dengan melalui pengaturan pada iPhone. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan iPhone sudah keadaan menyala, kemudian buka kunci layar iPhone Anda.
  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Selanjutnya masuk lagi ke opsi General
  • Setelah itu, pilih About.
  • Nantinya pada menu About Anda bisa melihat IMEI. Selain itu, ada juga informasi lain seperti serial number, MEID, ICCID dan lain sebagainya. 

5. Dengan Kode

Cara selanjutnya adalah cara yang simple dan mudah digunakan yakni dengan menekan kode tertentu. Caranya adalah dengan menekan kode *#06# pada menu dial atau panggilan. Sebenarnya, metode ini tidak hanya berlaku pada HP iPhone, melainkan bisa juga dipakai pada merk smartphone lain, seperti OPPO, Xiaomi, Vivo, Realme, Samsung, dan ponsel lainnya.

6. Lewat Aplikasi iTunes

iTunes adalah salah satu aplikasi yang dipakai untuk mengisi musik pada smartphone iPhone. Meski begitu, aplikasi iTunes ini juga mempunyai fungsi lain yang sangat bermanfaat untuk penggunanya. 

Dimana fungsinya berguna untuk mengecek keaslian HP iPhone Anda dengan memperlihatkan kode IMEI. Berikut langkah-langkah mengecek IMEI pada ponsel iPhone dengan menggunakan aplikasi iTunes:

Cara Cek IMEI iPhone via iTunes 
  • Pastikan HP iPhone Anda sudah dalam kondisi menyala, kemudian hubungkan antara iPhone dengan komputer yang sudah terpasang aplikasi iTunes.
  • Setelah itu, tunggu sampai smartphone iPhone Anda terdeteksi.
  • Kalau sudah berhasil terhubung, silahkan Anda klik Library pada aplikasi iTunes.
  • Secara otomatis data pada iPhone Anda akan dimunculkan pada layar, termasuk nomor IMEI HP iPhone Anda.

Untuk memastikan iPhone Anda asli atau replika sebetulnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu melihat dan memastikan IMEI yang tersemat di semua bagian-bagian yang sudah Anda baca di atas, seperti body belakang, kartu slot SIM, box, dan lainnya sama. Kalau IMEI setiap bagiannya ada yang berbeda-beda, bisa dipastikan kalau iPhone Anda adalah barang palsu atau replika.