Selain menjadi kewajiban yang harus dipakai oleh para muslimah, hijab juga menjadi salah satu trend fashion yang selalu berkembang. Hijab menjadi kebutuhan, sehingga setiap orang yang berhijab pastinya tidak hanya memiliki satu hijab saja. Setiap designer atau pebisnis berusaha untuk terus menciptakan desain-desain yang kekinian.

Apabila Anda tertarik untuk menjadi salah satu pebisnis dalam dunia perhijaban, Anda harus mengetahui cara memulai bisnis hijab dari nol. Dalam memulai suatu usaha tentu tidak mudah, banyak persiapan yang harus dilakukan agar bisnis yang akan Anda jalani dapat berjalan dengan lancar. Berikut beberapa cara rekomendasi Bizbox.id yang dapat Anda coba:

Menentukan Pangsa Pasar

Sebagai seorang pebisnis pemula yang akan memulai terjun secara langsung, cara memulai bisnis hijab dari nol yang pertama ini akan sangat menentukan langkah bisnis Anda kedepannya.

Contoh Tren Dari Market Hijab Di Negara Turki
Contoh Tren Dari Market Hijab Di Negara Turki

Penentuan pangsa pasar ini berkaitan dengan strategi pemasaran seperti tingkat pendapatan, umur, pendidikan dan status sosial dari produk hijab yang akan Anda jual. Lebih rincinya, fokuskan terlebih dahulu usia yang akan menjadi target konsumen Anda.

Menentukan Model dan Desain Hijab

Setelah pangsa pasar dari bisnis hijab telah Anda tentukan, lakukanlah survei terhadap model atau desain hijab yang kekinian untuk target konsumen Anda. Dengan adanya berbagai media sosial yang dapat diakses secara terbuka, Anda akan mudah mendapatkan survei tersebut.

Menentukan Pemilihan Bahan Hijab

Model dan desain hijab yang telah Anda tentukan, akan berhubungan langsung dengan bahan yang digunakan. Pastikan jangan memilih bahan secara sembarangan, gunakan bahan dengan bahan yang berkualitas baik dan pastinya yang memang cocok untuk model hijab Anda. Pemilihan bahan tersebut dapat Anda lakukan dengan banyak mencari informasi dari berbagai media.

Menentukan Harga Hijab

Apabila Anda seorang pebisnis pemula dan tidak memiliki hak istimewa seperti artis terkenal contohnya, jangan langsung memberikan penawaran dengan harga tinggi. Biarkanlah produk hijab Anda dikenal oleh semua orang terlebih dahulu.

Nah, apabila sudah dirasa banyak orang yang menyukai dan memesan produk Anda, maka menaikkan harga dapat Anda lakukan secara bertahap.

Memilih Media Pemasaran yang Tepat

Produk hijab yang telah selesai Anda produksi harus diimbangi dengan pemasaran yang tepat. Anda dapat melakukan pemasaran secara offline maupun online. Secara offlinenya, Anda dapat memasarkan produk hijab tersebut melalui berbagai toko hijab, busana muslim atau lainnya.

Sedangkan secara online, pastinya Anda harus menggunakan platform digital yang tepat. Saat ini sudah tersedia media online yang memang diperuntukkan khusus untuk jual beli. Sehingga, Anda harus cermat dalam memilih platform yang terpercaya atau biasa digunakan untuk jual beli.

Memberikan Promosi yang Menarik

Nah, setelah media pemasaran telah Anda pilih, Anda harus memberikan promosi yang menarik agar pelanggan dapat tertarik untuk membeli produk hijab Anda. Dengan banyaknya orang yang tertarik, keuntungan atau laba penjualan dapat Anda dapatkan dengan lebih cepat.

Contoh Cara Mempelajari Strategi Promosi Kompetitor Bisnis Hijab Dari Fb Ads Library
Contoh Cara Mempelajari Strategi Promosi Kompetitor Bisnis Hijab Dari Fb Ads Library

Beberapa cara yang dapat Anda gunakan sebagai promosi antara lain pemberian diskon, beli 1 gratis 1, hadiah atau undangan, atau hijab dalam satu paket.

Seperti itulah beberapa cara memulai bisnis hijab dari nol yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan. Semua yang Anda lakukan khususnya di dunia perbisnisan harus dibarengi dengan energi yang positif. Lakukan dengan penuh sabar, telaten, tanggung jawab dan kerja keras. Niatkan untuk memberikan kebermanfaatan untuk orang lain.