Tips n Trik

Cara Mudah Membuat LPJ Kegiatan OSIS Sederhana

Istilah Laporan Pertanggungjawaban bukan istilah asing bagi mereka yang sehari-harinya bertugas sebagai juru tulis di suatu perusahaan atau lembaga...

Written by Editorial · 1 min read >
ilustrasi pembuatan lpj sederhana

Istilah Laporan Pertanggungjawaban bukan istilah asing bagi mereka yang sehari-harinya bertugas sebagai juru tulis di suatu perusahaan atau lembaga seperti OSIS misalnya. Laporan ini sifatnya penting dan wajib dibuat guna mempertanggungjawabkan aktivitas yang bersifat finansial atau bukan. Tapi tahukah Anda ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan sebelum membuat LPJ Kegiatan?

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Membuat LPJ

Materi terkait: Cara Pembuatan Teks Laporan percobaan

Selain membuat kerangka laporan yang sifatnya structural, ada hal lain yang harus dipersiapkan guna memperlancar pembuatan LPJ Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah. Simak selengkapnya berikut ini:

Kumpulkan Seluruh Panitia Acara

Saat melakukan suatu event atau kegiatan besar, jumlah panitia yang bertanggung jawab pasti lebih dari satu bukan? agar mempermudah koordinasi, kumpulkan semua panitia di satu tempat yang sama. 

Buat Laporan Masing-Masing Seksi Acara

Setelah semua panitia seksi acara terkumpl semua, silahkan bagi menjadi beberapa seksi tergantung dari pokok pekerjaan yang dilakukannya. Dan beri tanggung jawab pada masing-masing seksi untuk membuat laporan. Laporan yang dibuat cukup beragam, mulai dari deskripsi kegiatan, laporan keuangan dan jangan lupa bukti kwitansi atau nota. 

Lakukan Rapat Koordinator

Semua laporan yang telah dibuat dikumpulkan menjadi satu untuk dibahas pada rapat coordinator ini. Di rapat ini, masing-masing coordinator seksi acara akan mengevaluasi laporan dan meneliti kebenarannya. Laporan harus dibuat transparan dan jujur. 

Buat Rekap LPJ

Jika tidak ada masalah, artinya laporan bisa disusun menjadi LPJ kegitan. Isinya tentu harus mengikuti struktur LPJ kegiatan sesuai tata bahasa Indonesia. 

Bukukan LPJ

Jilid LPJ yang sudah rampung sehingga tampak layak. Pada umumnya LPJ akan diberikan pada beberapa pihak termasuk donator, sponsor dan institusi lainnya. 

Struktur Laporan Pertanggungjawaban 

Secara umum membuat LPJ sebenarnya mudah, formatnya pun sudah ada hanya perlu mengikutinya berdasarkan data laporan yang sudah dibuat.

  • Pendahuluan

Pada bab ini, silahkan tuliskan tiga point penting mulai dari latar belakang penyusunan LPJ hingga nama event yang dilakukan dan terakhir adalah tujuannya. 

  • Rencana Kegiatan

Dala bab ini wajib melampirkan informasi terkait kegiatan yang hendak dilakukan. Mulai dari lokasi, waktu hingga fasilitas apa saja yang dibutuhkan. Jangan lupa pula untuk menulis susunan panitianya dan anggaran biaya. 

  • Pelaksanaan Kegiatan

Jika di bab kedua baru sekedar rencana, maka laporan di bab tiga ini harus mengacu pada fakta yang terjadi di lapangan. Jika berdasarkan jadwal kegiatan A seharusnya mulai pukul 08.00 WIB tapi molor menjadi pukul 09.00 WIB maka tuliskan waktu sebenarnya. 

Termasuk juga anggaran yang masuk dan anggara yang keluar selama kegiatan berlangsung. Jangan sampai data yang digunakan ini sama seperti data anggaran kegiatan apalagi jika peralatan dan perlengkapan yang digunakan lebih banyak dari rencana semula. 

  • Evaluasi

Menjelaskan tentang hasil kegiatan atau acara terlepas dari acara itu berhasil atau tidak, LPJ harus menuliskan factor pendukung dan penghambat kegiatan. Tujuannya untuk mengurangi rancangan acara yang sama di masa depan. 

  • Penutup

Berisi salam penutup, tulis sederhana dan jelas menyesuaikan dengan aktivitas yang terjadi di kegiatan tersebut. Kata penutup hanya terdiri dari beberapa kalimat.

Dan itulah struktur serta tips membuat LPJ kegiatan, tidak sulit untuk melakukannya bukan?bagi yang belum familiar dengan format LPJ silahkan terus belajar hingga memahami format penulisan yang benar.