Anda pasti merasa kesal jika paket yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Sudah cek resi, namun hasilnya stagnan di satu tempat, status diterima namun barang tidak ada, atau alasan lainnya yang membuat hati tidak tenang. 

Jika Anda menggunakan jasa pengiriman AnterAja, jangan khawatir berikut ini ada penjelasan tentang bagaimana cara komplainnya ketika barang belum sampai di rumah:

4 Cara Komplain Paket AnterAja yang Tidak Sampai 

Anda tidak boleh langsung melakukan komplain, cek terlebih dahulu nomor resi yang diberikan oleh penjual, pelajari kode pengiriman AnterAja, dan jenis permasalahan yang terjadi. Apakah paket tidak bergerak atau diterima oleh orang yang tak dikenal? Setelah itu, Anda boleh komplain dengan beberapa cara di bawah ini: 

Melalui Nomor Call Center 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghubungi call center AnterAja di nomor (021) 50603333. Pastikan saldo Anda mencukupi untuk melakukan panggilan, siapkan nomor resi dan ketahui jenis layanan yang digunakan (Same day, next day, atau reguler). 

Tak ketinggalan juga data Anda (nama, no telepon, alamat) dan paket. Segera panggil dan Anda akan terhubung dengan customer service. Sampaikan keluhan yang dialami. Mengapa sih semua hal di atas harus dipersiapkan? Karena biasanya CS akan menanyakannya.

Tenang, customer service AnterAja membuka pelayanan selama 24 jam, jadi kapanpun Anda menghubunginya, pasti akan diangkat dan menemukan solusi bersama-sama. 

Melalui Email Resmi AnterAja 

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengirim email ke alamat resmi jasa ekspedisi AnterAja. Anda bisa komplain ke cs@antarja.di. Tulis semua permasalahan Anda dengan bahasa yang baik dan sopan. 

Sebutkan nama, nomor pesanan di platform jual beli online, nomor resi, data pengirim, dan data Anda (nama, nomor telepon dan alamat). Setelah itu, baru sampaikan apa yang ingin Anda komplain. Contohnya adalah sebagai berikut: 

branding cek resi anteraja
branding cek resi Anteraja

Kepada yang terhormat CS jasa pengiriman AnterAja, saya memiliki permasalahan terhadap paket dengan data berikut ini:

  • Nomor Resi: 5676746587645
  • Data Pengirim: Raden Rahmat, Jalan Sekar Putih No 89 Surabaya, 08976767886. 
  • Data Penerima: Basuki, Jalan Sinar Emas No 78 Jombang, 08775585768. 

Paket tersebut belum sampai hingga saat ini, lebih satu minggu dari estimasi waktu pengiriman. Mohon untuk ditanggapi dan ditemukan solusi yang terbaik. Terimakasih. 

Jangan lupa untuk mencantumkan subjek “komplain barang” atau “barang belum sampai”. Sertakan bukti tracking yang sudah dilakukan jika diperlukan. 

Melalui Media Sosial 

Setelah mencoba menghubungi call center dan email yang tak kunjung mendapatkan balasan, Anda bisa langsung mention atau pesan pribadi ke akun media sosial resmi mereka: 

Ceritakan permasalahan yang sedang Anda alami dengan menyertakan bukti tracking, data lengkap paket, pengirim, dan penerima. Usahakan untuk menghubungi pada waktu jam kerja ya, agar lebih cepat mendapatkan respon. Sampai sini paham, kan? 

Datang Langsung ke Kantor Terdekat 

AnterAja memang sudah membuka beberapa kantor cabang di berbagai daerah. Cek lokasi Anda dan temukan kantor terdekat. Cara ini dianggap sangat efektif bagi Anda yang memiliki waktu luang dan paket tersebut sangatlah penting. 

Seperti sebelumnya, bawalah data yang dibutuhkan dan langsung menuju customer service yang bertugas. 

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan cara yang tepat untuk melakukan komplain paket AnterAja yang tidak sampai? Untuk menghindari permasalahan tersebut, Anda harus menuliskan data diri kepada pengirim dengan jelas, mengasuransikan paket, dan mintalah nomor resi.