Produk Bisnis

Ketahui Ini Cara Kerja Solar Panel Dalam Menghasilkan Listrik

Penggunaan solar panel sebagai penyedia listrik semakin meningkat. Alasan penggunaan solar panel selain karena lebih ramah lingkungan dan menggunakan...

Written by Editorial · 1 min read >
cara kerja panel surya hasilkan listrik

Penggunaan solar panel sebagai penyedia listrik semakin meningkat. Alasan penggunaan solar panel selain karena lebih ramah lingkungan dan menggunakan energi terbarukan, adalah seringnya PLN sebagai penyedia listrik nasional melakukan pemadaman bergilir.

Pemadaman bergilir dilakukan karena masih kurangnya pembangkit listrik yang bisa memasok kebutuhan masyarakat. Pemanfaatan solar panel dengan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dapat menjadi solusi dalam menghadapi ancaman krisis listrik.

Cara Kerja Solar Panel

Jika Anda masih bingung terkait cara kerja solar panel, dapat mengunjungi laman https://sewatama.com/id/begini-solar-panel-menghasilkan-listrik/ milik perusahaan penyedia jasa pengadaan energi Sewatama. Anda juga bisa menyewa jasa mereka jika akan menerapkan solar panel pada properti Anda sebagai sumber pembangkit listrik.

Solar panel bekerja dengan cara mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic. Kemudian energi listrik yang dihasilkan disimpan ke dalam sebuah baterai. Selanjutnya listrik bisa digunakan untuk mengoperasikan perangkat elektronik.

Sederhananya, solar panel bekerja dengan menyerap cahaya matahari dan menampung energi yang dihasilkan ke dalam sebuah baterai. Hal ini menjadikan sistem tetap berjalan meskipun di sore hari, malam hari, atau ketika kondisi hujan.

Pada sistem solar panel, juga terdapat kabel yang terintegrasi dengan instalasi listrik di dalam rumah. Apabila terjadi konsumsi listrik dari barang elektronik, secara otomatis tenaga listriknya diambil dari baterai. Jika listrik padam dan cadangan listrik pada baterai habis, maka sistem listrik Anda juga mengalami pemadaman.

Cara kerja solar panel secara mudahnya, pertama, solar panel dapat menghasilkan listrik dengan menggunakan sistem fotovoltaik (fenomena yang mengubah energi matahari menjadi arus listrik). Selanjutnya listrik yang dihasilkan oleh sistem solar panel bisa langsung digunakan untuk alat elektronik. Anda juga dapat menggunakan panel surya selama 24 jam dengan bantuan penggunaan baterai.

Memasang solar panel sebagai langkah menghemat energi dengan jasa dari Sewatama akan mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda. Selain sudah berpengalaman dalam bidangnya selama 22 tahun lebih, Anda dapat menikmati layanan pre-pemasangan seperti konsultasi dan pembuatan anggaran biaya. Sewatama juga menyediakan layanan pasca pemasangan termasuk perawatan berkala.