Aplikasi Whatsapp sudah sangat populer digunakan orang-orang untuk bertukar pesan. Hal ini tentu saja dikarenakan adanya fitur pelengkap yang diberikan kepada pengguna, serta jarang ditemui di aplikasi messenger lainnya. Fitur menarik yang hanya ada di aplikasi Whatsapp antara lain fitur menghapus pesan salah kirim, melacak lokasi teman, verifikasi dua langkah, membuat status dan stories, mengirim file dengan berbagai format, mengelompokkan foto dalam album, serta dapat memutar video youtube langsung di aplikasi Whatsapp.

Adalagi fitur menarik yang hanya ada di Whatsapp, yaitu memberikan ringtone/nada dering pada kontak serta grup yang berbeda-beda. Secara default, ringtone bawaan saat menerima pesan di aplikasi Whatsapp sudah disediakan. Hanya saja kita bisa menggantinya, dengan mengatur ringtone setiap kontak dan grup tertentu sesuai dengan nada yang kita inginkan. Hal ini bisa kita lakukan agar dapat membedakan pesan masuk yang kita terima.

Mengatur Ringtone di Aplikasi Whatsapp

Sebagai aplikasi messenger yang paling populer digunakan oleh kebanyakan penduduk dunia, Whatsapp selalu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Seperti yang kita tahu, Whatsapp pun bukan hanya memberikan kenyamanan dalam mengirim pesan, bahkan kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk panggilan telepon serta video call

Dengan tampilan yang sederhana aplikasi Whatsapp memberikan kemudahan bagi penggunannya, tanpa memandang usia. Berbicara mengenai fitur Whatsapp yang sangat variatif, kita pun bisa mengatur ringtone pesan yang masuk sesuai dengan yang kita mau.

Baca juga: Ubah Nada Pesan WA Lucu dan Unik

Nada dering ataupun ringtone pada Whatsapp telah terpasang secara otomatis saat kita mengunduhnya. Adapun ringtone tersebut adalah ‘Skyline’. Fitur ini terpasang untuk seluruh kontak baik individu maupun grup. Bila kita ingin menggantinya secara custome bisa dilakukan dengan nada dering bawaan ataupun ringtone yang terunduh di peringkat. 

Mengganti ringtone untuk kontak serta grup yang berbeda-beda dapat dilakukan, agar pengguna dapat menerka pesan masuk yang diterima. Fungsi lainnya, kita pun dapat dimudahkan untuk mengidentifikasi siapa saja yang mengirim pesan kepada kita melalui Whatsapp, tanpa perlu membuka aplikasinya langsung.

Cara mengatur Ringtone di Whatsapp Secara Berbeda-beda

Sebenarnya mengganti ringtone yang berbeda untuk kontak individu ataupun grup telah lama disediakan oleh Whatsapp. Bahkan untuk menggantinya, kita tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga, karena telah tersedia secara default untuk pengguna Android maupun iOS (iPhone). Berikut ini merupakan cara untuk mengatur ringtone/nada dering di aplikasi Whatsapp versi Android maupun iOS:

#1 Untuk Pengguna Android

Menu custom notification di profile kontak wa
Menu custom notification di profile kontak wa
  1. Membuka aplikasi Whatsapp.
  2. Pilih menu chat atau obrolan.
  3. Pilih kontak pribadi/grup yang ingin diubah ringtone-nya secara custome.
  4. Pilih nama kontak.
  5. Gulir ke bawah dan pilih menu ‘notifikasi kustom’ yang dilambangkan dengan tanda notasi lagu.
  6. Di pilihan ‘gunakan notifikasi kustom’, sentuh kontak kosong yang berada di sebelah kanan.
  7. Setelah muncul tanda ceklis, pilih ‘nada notifikasi’.
  8. Pilih nada yang ingin digunakan.
  9. Bila ringtone yang dipilih sudah berhasil, ketuk tombol kembali.
Pilih Notifications Berlogo Lonceng Di Wa
Pilih Notifications Berlogo Lonceng Di Wa

#2 Untuk Cara Atur Ringtone WA Beda Tiap KontakOS)

  1. Buka kontak yang ingin dipasang ringtone-nya secara berbeda-beda.
  2. Pilik menu ‘wallpaper & bunyi’.
  3. Gulir ke bawah dan pilih menu ‘nada kustom’
  4. Klik menu ‘nada peringatan’.
  5. Pilih nada dering yang diinginkan. 
Pengaturan Notifikasi Whatsapp Di Iphone
Pengaturan Notifikasi Whatsapp Di Iphone

Lihat juga: Cara Hapus Foto Profil WA, ada 3 Mode!

Bila sudah berhasil memberikan ringtone/nada dering untuk setiap kontak individu maupun grup Whatsapp, kita dapat dengan mudah mengidentifikasi pesan masuk yang diterima. Kita pun bisa menerapkannya pada ringtone panggilan masuk pada telepon ataupun video call. Hal penting lainnya adalah kita bisa mengatur getaran nada, dengan pilihan ‘mati’, ‘default’,’pendek’, dan ‘lama’. Selamat mencoba!