Hingga saat ini, Google terus mengembangkan layanan yang unik dan menarik. Di mana, setiap layanan yang ditawarkan menjadi pusat perhatian banyak orang dan tergolong sangat bermanfaat. Salah satunya adalah keberadaan Google assistant voice. Fitur satu ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan berbagai informasi menarik hanya dengan memberikan perintah berupa voice ‘oke Google’ saja. Meskipun tergolong sangat membantu dan bermanfaat pengguna android, tetap saja masih ada yang belum tahu cara mengaktifkan fitur Google assistant voice di android.

Jadi, kamu hanya bisa memberikan perintah ketika sudah mengaktifkan fiturnya. Tenang saja, nyaris semua android menawarkan fitur ini kok. Adapun cara mengaktifkan fitur Google assistant voice di Android tergolong sangat mudah.

Mengaktifkan fitur Google Assistant

Bagaimana cara mengaktifkannya?

  1. Buka aplikasi App Drawer (Halaman utama Android).
  2. Buka aplikasi Google.
  3. Tekan bagian menu more yang terletak di bagian sudut layar ponsel.
  4. Buka bagian pengaturan atau setting. Atau, kamu juga bisa mengaksesnya dengan menekan menu settings, klik Google, lalu klik search.
  5. Pilih Voice.
  6. Kemudian pilih lagi voice match.
Menu Google Assistant Voice Match
Menu Google Assistant Voice Match
  1. Hidupkan atau nyalakan tombol bertuliskan unlock with match.
  2. Kemudian kamu bisa mengikuti instruksi yang ada, sampai ponsel kamu mengenali suara kamu.
  3. Jika ternyata ponselnya malah tidak bisa menanggapi perintah suara, maka kamu bisa menekan retrain voice model ataupun delete voice model. Kemudian ulangi prosesnya.
  4. Done.

Jadi, hanya dengan 10 langkah mudah di atas, sekarang Google assistant di ponsel kamu sudah aktif.

Cara menggunakannya sangat mudah kok. Kamu hanya perlu membuka Google Assistant kemudian katakana saja ‘Oke Google’ maka dengan segera ia akan menjalankan fungsinya sebagai asisten kamu.

Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Google Assistant

Setelah mengetahui cara mengaktifkan fitur Google assistant voice di android, ada beberapa hal menarik yang meski kamu ketahui. Salah satunya adalah informasi seputar apa saja sih yang bisa dilakukan oleh fitur Google satu ini? Apakah hanya sekedar melaksanakan perintah kamu untuk memberikan informasi yang kamu cari, atau ada yang lain?

Nah menariknya, Google assistant ini bukan hanya bisa melakukan hal tersebut loh. Melainkan masih bisa melakukan beberapa hal lain. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut.

Melakukan navigasi

Hal lain yang bisa dilakukan oleh fitur Google yang keren ini adalah melakukan navigasi. Jadi, dengan melakukan navigasi, kamu bisa tahu loh dimana kamu saat ini. Caranya sangat mudah. Kamu bisa mengucapkan pertanyaan ‘where am i?’ doang.

Atau, ketika kamu sedang mager untuk mencari tahu sebuah lokasi, maka kamu bisa memanfaatkan Google assistant saja. Karena kamu bisa mengetahui lokasi apapun hanya dengan sekali perintah.

Di mana, kamu bisa memerintahnya dengan mengatakan directions to, navigate to, atau how to get to. Nah, kalau kebetulan Googlenya menggunakan bahasa Indonesia, ya kamu bisa mengatakan ‘bagaimana cara ke ..’ atau yang lainnya. Gimana, keren kan?

Mengirimkan pesan, email dan juga menelpon

Mungkin, masih tidak banyak yang tahu mengenai keunggulan Google assistant satu ini. Ia kan? Jadi, fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan penelponan ataupun mengirimkan pesan atau email ke siapapun yang ada di dalam kontak kamu. Bagaimana caranya?

Ucapkan saja ‘oke Google hubungi (nama kontak)’ atau dengan mengatakan ‘ok Google, please call (nama kontak kamu)…’ jika kebetulan asistennya menggunakan bahasa Inggris. Hanya dengan mengatakan perintah tersebut, maka ponsel kamu akan melakukan panggilan.

Lihat pula: Botika to speech

Membuat alarm

Bagi yang suka lupa atau pelupa, kamu bisa banget memanfaatkan manfaat ini. Cara membuat pengingat dengan asisten Google adalah menyatakan perintah ‘set a reminder’ atau bisa juga dengan reminder me to (nama acara yang akan kamu buat).

Jika sudah, pihak Google akan meminta data lengkap mengenai acara tersebut. Mulai dari tanggal dan juga waktunya. Menariknya lagi, asisten Google bisa akan menjalankan tugasnya dengan sangat baik loh. Misal, kamu ingin diingatkan waktu ketika akan memberi makan hewan peliharaan kamu. Tapi sebelumnya, pastikan dulu nih, bahwa kamu telah mensetting waktunya.

Menerjemahkan

Untuk saat ini, proses penerjemahan dokumen menjadi lebih mudah dan simple. Kamu nggak perlu lagi repot-repot buat mengunjungi halaman Google hanya untuk menerjemahkan sebuah dokumen.

Karena dengan adanya Google Assistant, kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah. Google bisa menjalankan fungsinya dengan sangat sempurna.

Jadi gimana, keren banget kan? Sayangnya, Google Assistant ini hanya bisa kamu akses ketika sedang online. Sehingga, pastikan dulu bahwa paket data kamu memadai, dan jaringan di tempat kamu oke ya. Karena kalau tidak, maka asisten tidak akan merespon atau lambat merespon.

Yuk segera aktifkan asisten Googlenya agar ia bisa membantu kamu dalam menyelesaikan berbagai keperluan.