Kita mungkin sering mendengar istilah ‘soak’. Tapi, ini bukan soak yang terjadi pada aki, baterai, dll. Soak di sini adalah istilah yang sering kita jumpai pada mesin cuci. Lalu, apa arti soak pada mesin cuci? Itulah yang akan kita bahas dalam artikel ini. Jadi, kalian yang punya mesin cuci harus menyimak penjelasan berikut sampai selesai.

Pengertian Soak pada Mesin Cuci

Pada mesin cuci, arti soak adalah merendam cucian yang bisa dipilih sebagai proses tambahan untuk cucian pakaian bernoda. Pada awal siklus pencucian, ada proses pencelupan. Lalu, tabung mesin cuci akan diisi air & deterjen. Setelah itu, tabung akan berputar untuk melarutkan deterjen. Kemudian, tabung mesin cuci berhenti berputar &berhenti sejenak untuk merendam. Selanjutnya, proses pencucian berlanjut lagi seperti biasa.

Arti Soak Pada Mesin Cuci
Arti Soak Pada Mesin Cuci

Proses berhenti sejenak untuk merendam itulah yang disebut dengan soak. Tapi, berbeda tipe mesin cuci tentu punya tombol yang berbeda. Proses pencuciannya pun juga kadang berbeda-beda. Lalu, bagaimana cara menggunakan fungsi soak ini pada mesin cuci? Cara menggunakannya yaitu dengan menekan tombol Function di papan tombol. Di sini, pastikan lampu indikator merah pada pilihan Soak menyala.

Artikel terkait: Arti Simbol di Remote Samsung

Artinya, proses mencuci akan melalui tahap atau proses perendaman. Lama proses perendaman pada mesin cuci tergantung dari pengaturan waktu dari mesin cuci yang kalian gunakan. Contohnya, jika kalian setting 8 menit di awal, proses perendaman juga akan berlangsung 8 menit sesuai dengan waktu yang telah diatur tadi.

Cara Kerja Fungsi Soak pada Mesin Cuci

Cara kerja dari proses perendaman pada sebuah mesin cuci yaitu mesin cuci akan mulai mengisi air pertama setelah menekan tombol Start. Kemudian, agirator akan berputar & cucian mulai terlihat berbusa. Beberapa saat kemudian, mesin cuci akan diam. Di sinilah proses merendam mulai berlangsung. Itulah arti soak pada mesin cuci. Setelah beberapa saat, jangan kaget kalau mesin cuci akan bekerja lagi hingga proses pencucian selesai.

Fungsi Soak pada Mesin Cuci

Salah satu tujuan dari proses merendam pada mesin cuci adalah supaya hasil cucian semakin bersih. Harapannya, kotoran yang menempel pada pakaian akan luntur. Seperti halnya dengan mencuci biasa dengan tangan, kotoran akan lebih mudah hilang kalau cucian direndam terlebih dulu.

Lihat pula: Laundry Express Rekomendasi di Jogja

Jika kalian ingin melewati proses soak atau merendam pada mesin cuci, kalian tinggal memencet Function. Fungsi soak aktif apabila indikator merah on. Jadi, jika kalian ingin melewati proses ini, pastikan lampu indikator merah pada bagian Soak off. Dengan begitu, proses soak pada mesin cuci akan dilewati. Melewati proses soak saat mencuci di mesin cuci cocok untuk kalian yang ingin mencuci pakaian yang tidak bernoda. Namun sebaliknya, proses soak sangat diperlukan untuk pakaian yang bernoda.

Kelebihan dan Kekurangan Soak pada Mesin Cuci

Fungsi Soak pada mesin cuci punya suatu kelebihan. Jika dibanding tidak menggunakan proses Soak ini, jelas hasil cucian lebih bersih. Tapi, banyak orang yang lebih memilih melewati proses Soak (merendam) pada mesin cuci. Pasalnya, proses mencuci menjadi lebih lama dengan adanya proses ini.

Lihat pula: Cara Download Suara Google Translate Perempuan

Itulah arti soak pada mesin cuci. Setelah mengetahui artinya dan mempertimbangkan manfaat & kerugiannya, kalian bisa menyimpulkan sendiri apakah memerlukan proses ini atau tidak dalam mencuci di mesin cuci. Yang jelas, proses Soak akan membuat hasil cucian lebih bersih. Di sisi lain, proses ini akan memperlama pencucian, mungkin kurang cocok buat kamu yang senang bepergian atau menginap di hotel Reddoorz dan semacamnya.

Tagged in:

,