Apa itu internet of things (Iot) dan contohnya? pasti hampir sebagian besar orang sudah mengetahui dan memahaminya. Karena, teknologi ini sudah banyak diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Jika Anda ingin memperjelas dari Internet of Things (IoT) dan contohnya, definisinya adalah teknologi dimana sebuah objek mampu berkirim data melalui koneksi tanpa bantuan alat komputer dan juga manusia.

Fakta Penting Mengenai Internet of Things (Iot)

Sebelum mengetahui penerapan yang menjadi contoh objek dari IoT, perlu diketahui dulu beberapa fakta penting yang terdapat pada Internet of things ini. Diantaranya adalah :

  1. Istilah IoT Berasal dari ahli Teknologi Asal Inggris

Banyak yang belum mengetahui, bahwa istilah apa itu internet of Things (IoT) dan contohnya pertama kali berasal dari seorang ahli teknologi asal Inggris yang bernama Kevin Ashton.

  1. Perangkat pintar Teknologi IoT Pertama Tahun 1990

Sebelum Kevin, sudah ada perangkat pintar dari IoT yang sudah tercipta pada tahun 1990 yang dibuat oleh John Romkey seorang ahli teknologi lulusan Massachussets Institute of Technology. Yaitu sebuah perangkat pemanggang roti yang dikendalikan oleh teknologi computer..

  1. Bentuk Komunikasi adalah Machine to Machine

Arti dari fakta ini adalah IoT merupakan teknologi yang sangat memungkinkan segala terkoneksi dengan internet.

Artikel terkait: https://my.bankstreet.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Learning_Through_Collaboration/Voicethread.jnz

Penerapan Internet of Things (Iot) dalam Industri

Ada beberapa contoh penerapan teknologi internet of things ini dalam berbagai bidang industri yang akan sangat berguna bagi kehidupan. Sebagai kasus dari definisi apa itu internet of Things dan contohnya tadi. Seperti misalnya saja adalah:

  1. Bidang Transportasi

Teknologi internet of things ini berlaku pada bidang transportasi, yang diketahui memang sudah sangat mendominasi terutama untuk sekarang ini. Yaitu, pada transportasi terdapat jenis mobil otonomos adalah wujud bidang transportasi yang menggunakan teknologi IoT tersebut.

  1. Bidang Kesehatan

Dalam hal kesehatan pun juga menerapkan konsep dari internet of things ini, dimana teknologi tersebut sangat mempengaruhi proses pengobatan yang ada terutama di rumah sakit.

  1. Bidang Smart City

Selanjutnya adalah bidang smart city, dimana penerapannya membuat sebuh daerah menjadi sebuah kota pintar dalam mengelola lingkungan sekitar. Dan mengontrolnya menggunakan IoT tersebut.

  1. Bidang Energi

Banyak sekali jenis energi yang hadir dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah energi matahari, energi listrik ataupun jenis energi lainnya. Namun, pemanfaatan IoT pada bidang energi cukup berpengaruh yaitu pembuatan sensor cahaya menggunakan Internet of things untuk memberikan fungsi pada energi listrik.

  1. Smart Office

Ternyata bukan hanya untuk sebuah kota atau smart city, tapi teknologi ini juga bisa diterapkan dan dimanfaatkan pada smart office. Yaitu, sebuah teknologi yang bisa mendukung produktivitas karyawan di sebuah kantor.

Itulah beberapa penerapan internet of things yang memiliki contoh kasus pada beberapa bidang industri. Dengan begitu, tidak akan sulit untuk memahami apa itu internet of things (IoT) dan contohnya tadi.

Tagged in:

,