Buat kamu yang senang dengan tren terbaru, tentu sudah tidak asing lagi dengan Sound text untuk ubah teks jadi suara. Fitur yang mulai diperkenalkan TikTok untuk sebagian pengguna ini mendapat respon positif dari para pemakainya. Sayangnya, fitur text to speech otomatis ini hanya didapat oleh pengguna TikTok tipe akun US saja dan belum tersedia untuk aplikasi versi Indonesia.

Namun kamu tidak perlu berkecil hati, karena beragam aplikasi sound of text serupa lainnya bisa kamu gunakan secara online bahkan tanpa harus menginstall aplikasi apapun. Lewat tulisan ini, Transparansi akan memberikan daftar aplikasi Sound text yang dapat menghasilkan suara keren dari tulisan atau teks yang teman-teman punya. Penasaran? Yuk langsung simak saja ini dia daftar aplikasinya:

Botika: Sound of text Wanita Bahasa Indonesia

Buat kamu yang belum tahu, sebenarnya sudah ada aplikasi TTS (text-to-speech) yang dibuat oleh para pengembang asli Indonesia bernama Botika. Lewat aplikasi ini, kamu dapat membuat suara buata yang cukup natural dan hampir persis seperti diucapkan oleh orang Indonesia asli. Cara menggunakannya cukup mudah, berikut langkah-langkah menggunakan Botika text to speech:

Pilihan Mode Suara Botika Tts Indonesia
Pilihan Mode Suara Botika Tts Indonesia
  1. Buka situs https://botika.online/TextToSpeech/
  2. Ketikkan tulisan yang ingin kamu ubah menjadi suara pada kolom Text to speech
  3. Pilih gaya bicara yang kamu inginkan seperti Female Mature atau Youngster
  4. Verifikasi captcha pada kotak yang telah disediakan
  5. Tekan icon Download untuk mengunduh audio dalam format mp3 atau tekan Play untuk memutar suara yang dihasilkan.

Dengan aplikasi Botika ini, kamu akan mendapatkan suara robot sound of text dengan gender perempuan yang terdengar natural. Suara inipun bisa kamu gunakan untuk audio dalam konten TikTok ataupun dijadikan nada dering WhatsApp yang akan terdengar cukup keren di telinga orang lain.

Lihat juga: Sound text suara Google

Sound of Text Spongebob dan Tokoh Anime

Hal lain yang bisa kamu gunakan dengan aplikasi Sound of text adalah membuat suara dari teks seperti gaya bicara tokoh kartun tertentu. Sayangnya, cara ini hanya bisa digunakan untuk tulisan dalam bahasa Inggris, jadi pastikan teks yang kamu siapkan sudah dalam bahasa Inggris atau kamu terjemahkan terlebih dahulu menggunakan Google Translate dan semacamnya.

Berikut cara membuat sound of text tokoh kartun atau anime:

Sound Of Text Spongebob Dan Tokoh Anime
Sound Of Text Spongebob Dan Tokoh Anime
  1. Buka situs https://vo.codes/
  2. Pilih jenis suara Cartoons and Anime pada kolom All Voices
  3. Pilih SpongeBob SquarePants pada kolom Speaker Info
  4. Masukkan teks bahasa Inggris yang ingin kamu ubah menjadi suara Spongebob
  5. Klik tombol Speak untuk memutar suara
  6. Rekam suara tersebut dengan fitur audio recorder di aplikasi WhatsApp atau TikTok

Dengan cara yang sama, sebenarnya kamu bisa juga membuat suara sound of text tokoh anime lainnya seperti Bart Simpsons atau bahkan tokoh politik seperti suara Obama dan Donald Trump. Keren bukan aplikasi Vocodes ini yang dapat membuat teks menjadi suara tokoh-tokoh ternama, sayangnya, kamu tidak dapat lansung mengunduh suara yang dihasilkan kecuali kamu merekam sendiri suara tersebut. Jadi, jangan lupa siapkan juga aplikasi voice recorder untuk mendapatkan suara tokoh anime ini dalam format mp3 ya!

Suara Google: Sound of text Jawa dan Sunda

Opsi berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat sound of text keren adalah dengan menggunakan Google Translate. Ya, karena hanya lewat aplikasi ini kamu dapat membuat text-to-speech dengan beragam bahasa daerah populer seperti Bahasa Jawa dan Basa Sunda. Penasaran bagaimana cara membuatnya, berikut panduan cara membuat sound of text Jawa di Google Translate:

Pilihan Bahasa Jawa Di Google Translate
Pilihan Bahasa Jawa Di Google Translate
  1. Buka aplikasi Google Translate dan pilih bahasa daerah Jawa atau lainnya sesuai yang kamu inginkan.
  2. Ketikkan teks dalam bahasa Indonesia yang nantinya akan ditranslasi ke dalam bahasa Jawa secara otomatis oleh tools Google Translate.
  3. Tekan ikon microphone yang terdapat dibagian bawah kolom suara hasil terjemahan untuk memutar suara teks dalam bahasa dan logat Jawa
  4. Rekam suara yang dihasilkan menggunakan aplikasi voice recorder atau bisa juga menggunakan tools online-voice-recorder.com yang dapat langsung kamu gunakan secara online tanpa install aplkasi.
  5. Unduh atau simpan file MP3 hasil rekaman Google Translate tadi dan file audio dalam bahasa Jawa tersebut siap kamu gunakan.

Dengan beragamnya fitur di Google Translate, tentu masih banyak hal lainnya yang bisa di-explore untuk menghasilkan sound of text keren. Selain tulisan, engine text-to-speech dari Google Translate juga bisa mengubah dokumen menjadi suara dengan cara yang relatif sama, hanya saja, untuk dokumen, kamu perlu mengupload nya terlebih dahulu sebelum bisa mendengarkan hasil suara nya.

Voice Maker: Sound of Text Suara Anak Kecil

Siapa sangka dengan tools TTS ini, kamu juga dapat menghasilkan suara anak-anak loh. VoiceMaker.in sebagai salah satu aplikasi sound of text dengan pilihan yang sangat beragam mulai dari suara pria, wanita, hingga anak-anak bisa kamu dapat dengan satu aplikasi ini.

Sayangnya, fitur suara anak kecil ini baru tersedia dalam bahasa Inggris saja, jadi jika kamu ingin menggunakannya, jangan lupa konversi dulu tulisan kamu ke dalam bahasa Inggris. Cara menggunakannya pun relatif mudah, berikut langkah-langkahnya:

Sound Of Text Suara Anak Di Voicemaker
Sound Of Text Suara Anak Di Voicemaker
  1. Buka situs https://voicemaker.in/ dan masukkan teks dalam bahasa Inggris pada kolom yang disediakan.
  2. Pilih English (US) pada kolom Language and Regions atau biarkan jika sudah terpilih dalam mode default.
  3. Untuk hasil terbaik, pilih Neural TTS pada opsi AI Engine
  4. Selanjutnya, pilih salah satu dari suara anak pada kolom VOICES seperti nama Justin atau Kevin yang memiliki atribut Male (child).
  5. Klik tombol Convert to Speech untuk mendengarkan hasil suara anak dari teks bahasa Inggris yang sudah kamu masukkan.
  6. Tekan tombol Download MP3 untuk mengunduh suara anak kecil tersebut dalam format MP3

Dengan metode diatas, kamu sudah bisa mendapatkan file audio sound of text suara anak kecil dalam format MP3. Suara robot mirip anak-anak ini nantinya bisa kamu gunakan sebagai nada dering lucu di WhatsApp atau sebagai suara latar pada konten TikTok tanpa harus menyuruh anak kecil berbicara secara langsung.

TTSMP3: Konversi Teks ke dalam MP3

Tools terakhir yang bisa kamu gunakan adalah TTSMP3.com. Kelebihan dari aplikasi ini adalah layoutnya yang sangat simpel dengan dua opsi utama, putar suara dari tulisan atau langsung download dalam format MP3. Sangat on point bukan? Sayangnya, tools text-to-speech ini belum mendukung bahasa Indonesia, jadi kamu hanya dapat mengubah teks ke dalam suara bahasa tertentu saja seperti Arab, Inggris, Spanyol, Italy, Jerman, dan beberapa negara lainnya.

Cara Ganti Nada Dering WA dengan Suara Google

Langkah selanjutnya setelah kamu berhasil mengunduh file audio dalam format mp3 dari salah satu text to speech diatas adalah memasang file mp3 tersebut sebagai nada dering notifikasi WhatsApp. Adapun cara mengganti nada dering bawaan WhatsApp dengan file audio tadi adalah sebagai berikut:

Cara Menambahkan Mp3 Sebagai Ringtone
Cara Menambahkan Mp3 Sebagai Ringtone
  1. Atur file mp3 suara Google di dalam ponsel sebagai nada dering dengan cara masuk ke Settings Ringtone Klik Icon + > Pilih File mp3 lalu klik Done seperti panduan gambar diatas.
  2. Jika kamu kesulitan ketika menerapkan cara diatas, kamu dapat langsung masuk ke aplikasi File Manager bawaan Android lalu cari folder Notifications. Setelahnya, simpan atau pindahkan file mp3 suara Google tadi ke dalam folder Notifications tersebut.
Simpan Nada Dering Mp3 Baru Di Android
Simpan Nada Dering Mp3 Baru Di Android
  1. Langkah selanjutnya, kamu tinggal mengatur file mp3 tersebut sebagai nada dering atau notifikasi WA masuk di aplikasi WhatsApp dengan cara buka aplikasi WA, lalu klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp dan masuk pada menu Settings (pengaturan).
  2. Pilih menu Notifications Notification tone > Pilih nama mp3 yang tadi sudah kamu simpan ke dalam ponsel seperti gambar dibawah ini. Sampai disini, kamu sudah berhasil mengganti nada dering WhatsApp menggunakan suara Google atau suara robot yang dihasilkan Botika text to speech.
Cara Mengubah Notif Wa Dengan Nada Dering Pribadi
Cara Mengubah Notif Wa Dengan Nada Dering Pribadi

Yaps, itulah tutorial lengkap bagaimana cara membuat suara sound text WhatsApp unik dan keren secara online yang siap digunakan untuk video TikTok ataupun nada dering WhatsApp kamu. Selamat mencoba dan silakan berikan pengalaman kamu dalam menggunakan semua aplikasi sound of text diatas dengan memberikan komentar di artikel ini.