Flash News

Ini 4 Jenis Pajak yang Bisa Dilaporkan lewat SSE Pajak

Melalui tulisan sebelumnya, Karinov melalui website resminya telah mengulas apa itu eNofa dan bagaimana cara mengaktifkan layanannya. Pada dasarnya,...

Written by Editorial · 1 min read >
cara registrasi akun djp online

Melalui tulisan sebelumnya, Karinov melalui website resminya telah mengulas apa itu eNofa dan bagaimana cara mengaktifkan layanannya. Pada dasarnya, selain eNofa masih ada layanan pajak lainnya yang populer yaitu SSE pajak.

SSE pajak merupakan sistem pembayaran pajak yang dimanfaatkan untuk menerbitkan e-Billing pajak. Prosedur ini telah diaktifkan sejak lama 2016 dan masih eksis sampai sekarang.

Apa yang membedakan SSE pajak dengan eNofa? salah satu perbedaan paling mencolok adalah jenis pajak yang dilayani. Jika eNofa khusus digunakan untuk melaporkan PPN milik PKP maka SSE pajak bisa digunakan untuk melaporkan empat jenis pajak secara bersamaan atau satu per satu. 

  • Pajak Penghasilan
  • Pajak Pertambahan Nilai
  • Pajak Bumi dan Bangunan
  • Pajak Penjualan atas Barang Mewah

Perbedaan lain terletak pada akses layanan, Direktorat Jenderal Pajak menyediakan tiga situs SSE pajak yang bisa diakses kapan saja oleh WP. Masing-masing layanan bisa digunakan dengan bebas untuk menerbitkan e-Billing sehingga WP tidak perlu lagi pergi ke kantor pajak untuk mendapatkan kode billing yang dibutuhkannya.

Penting! Mulai tahun 2020, seluruh aktivitas laporan perpajakan harus dilakukan melalui satu portal yaitu djponline.pajak.go.id. Aplikasi SSE Pajak baik versi 1 maupun versi 3 sudah tidak bisa lagi digunakan sejak tahun ini. Panduan lengkap dapat dipelajari lebih lanjut di eBilling via DJP Online ini.

Manfaat Menggunakan SSE Pajak

Masih ragu menggunakan SSE pajak? simak manfaatnya di bawah ini:

Efisiensi Waktu dan Tenaga

Sebagai pekerja aktif, sulit bagi wajib pajak untuk datang ke kantor pajak dan mengurus pelaporan pajak mereka. Akibatnya, pelaporan yang seharusnya selesai hari ini harus ditunda esok hari. Semakin lama menunda akan semakin malas mengurus pelaporan SPT, padahal ini sifatnya wajib.

Itulah mengapa perlu menggunakan fasilitas SSE pajak yang telah diberikan oleh pemerintah. Selain mudah dilakukan, tahapan mendapatkan e-Billing via SSE pajak jauh lebih cepat. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga karena bisa mengaksesnya di malam hari setelah pulang kerja atau menyelesaikan pekerjaan rumah. 

Pembayaran Pajak Lebih Fleksibel

Tidak hanya efisiensi waktu dan tenaga, SSE pajak juga membuat proses pelaporan SPT berjalan lebih cepat. Jika biasanya Anda harus mengantri dari pagi sampai siang bahkan sore di KPP, dengan SSE pajak Anda terhindar dari antrian.

Waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh e-Billing sangat singkat, Anda bisa segera menyelesaikan pelaporan SPT di hari yang sama. 

Tidak Kalah Akurat Dengan Datang Ke KPP

Mereka yang belum pernah menggunakan SSE pajak terkadang meragukan kredibilitas dan transparansi dari sistem ini. Padahal sistem SSE pajak telah dilengkapi dengan teknologi modern dan tercanggih yang memberikan pelayanan prima dan optimal tidak kalah transparan dari layanan di KPP. 

Sistem ini mengurangi kesalahan input e-Billing yang bisa saja terjadi di KPP karena diwajibkan menulis dua kode secara konvensional. Teknologi SSE pajak mengarahkan WP untuk menentukan pilihan yang valid dan mendetail.

Demikian informasi singkat tentang eNofa dan SSE pajak, sudahkah Anda memahaminya? Dengan memahami sistem dan fasilitas layanan yang diberikan,  Anda bisa memanfaatkan fasilitas eNofa dan SSE pajak secara optimal.