Tips n Trik

Ini 11 Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Ketombe adalah keadaan dimana kulit kepala kering sehingga mengelupas. Ketombe ini membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri karena dengan adanya...

Written by Editorial · 1 min read >
cukur rambut untuk hilangkan ketombe

Ketombe adalah keadaan dimana kulit kepala kering sehingga mengelupas. Ketombe ini membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri karena dengan adanya ketombe, seseorang dianggap jorok. Padahal penyebab ketombe bukan hanya karena jarang keramas, tetapi banyak faktor lain yang mempengaruhinya.

Secara umum penyebab ketombe ada beberapa hal, yaitu Infeksi jamur Malassezia yang hidup di kepala dan membuat kepala kering, salah pilih shampo, jarang keramas, dan juga terlalu sering keramas.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ketombe bisa diatasi dengan cara alami dengan bahan berikut :

Lidah Buaya

Kupas dan tumbuk lidah buaya, oleskan secara merata ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas.

Daun Sirsak

Haluskan daun sirsat dengan menambahkan sedikit air. Setalah halus gunakan sebagai masker rambut selama 30 menit kemudian bilas.

Jeruk Nipis atau Lemon

Peras jeruk nipis atau lemon, kemudian tambahkan sedikit air. Oleskan ke seluruh kulit kepala dan tunggu sebentar kemudian bilas.

Minyak Zaitun atau Minyak Almond

Oleskan minyak zaitun atau minyak almond ke kepala dan pijat pelan-pelan sampai 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Cuka

Siapkan cuka 1 sendok teh, dan oleskan ke kulit kepala secara menyeluruh. Diamkan selama 3 menit kemudian bilas sampai bersih. Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Minyak Kemiri

Oleskan minyak kemiri ke kepala sebelum keramas, tunggu 30 menit dan kemudian bilas dan keramas. 

Baking Soda

Siapkan ½ sendok teh baking soda dan larutkan dalam air sampai mengental. Oleskan ke kulit kepala dan tunggu sebentar saja kemudian bilas sampai bersih.

Bawang Merah

Siapkan bawang merah secukupnya kemudian kupas dan haluskan. Oleskan secara menyeluruh ke kulit kepala, diamkan sebentar, kemudian bilas.

Garam

3 – 5 sendok teh garam larutkan dengan air hangat, kemudian oleskan ke kulit kepala, tunggu sebentar dan kemudian bilas dengan air bersih. 

Madu

Campur madu dengan air dan oleskan ke kulit kepala selama 3 jam. Lakukan secara terus menerus dalam seminggu.

Daun Pandan

Haluskan daun pandan dan campur dengan air. Oleskan dengan dipijat pelan-pelan ke kulit kepala, kemudian bilas.

Demikian beberapa cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang mudah didapatkan. Jangan sampai ketombe memberikan kesan buruk kepada teman atau bahkan rekan kerja. Jika memang tidak mau repot bisa membeli shampo yang khusus untuk mengatasi masalah ketombe.